Pendaftar Bawaslu Sulbar Sudah 23 Orang

MAKASSAR, RAKYATJATENG – Animo pendaftar calon Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat cukup tinggi. Setidaknya ini terlihat dari jumlah pendaftar yang sudah masuk mencapai 23 orang.

Ketua Tim Seleksi Bawaslu Sulbar Dr. Rahmat Muhammad menjelaskan pengumuman resmi dibuka pendaftaran sebenarnya baru dimulai tanggal 25 April 2018 lalu. Dan sesuai jadwal akan berakhir tanggal 11 Mei 2018.

Sedangkan proses seleksi dibagi dalam beberapa tahanan yakni
tahapan administrasi, tahapan tertulis dan psikotes. Kemudian tahapan wawancara dan kesehatan. Kesemuanya dipastikan oleh timsel berjalan secara profesional.
“Kita berharap putra-putri terbaik Sulbar yang selama ini punya kepedulian terhadap demokrasi dan pemilu diharap mendaftar. Ini panggilan negara yang harus dirawat bersama dengan memastikan proses demokrasi dengan berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu Syamsuddin Alimsyah anggota tim menambahkan, berdasarkan UU Pemiou Nomor 7 tahun 2017, rekruitmen komisioner kali ini akan ditetapkan oleh Bawaslu RI sebanyak 2 orang. Timsel akan mengirim 4 orang. “Komsioner terpilih akan menambah komposisi komisioner sebelumnya yang sudah ada sebanyak 3 orang sehingga nantinya akan berjumlah 5 orang semua,” jelas Syamsuddin.

Menurut Syamsuddin, komisioner Bawaslu ke depan harus dipastikan berintegritas dan profesioanal dalam pengawal pemilu berintegritas. (yon)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono