Sikat Chievo 4-1, Roma Mantap di Posisi Tiga Klasemen Sementara Serie A

RAKYATJATENG – AS Roma meraih kemenangan penting dalam usahanya mengamankan tiket Liga Champions. Roma menang 4-1 atas Chievo untuk memantapkan posisi di peringkat tiga.

Dalam pertandingan giornata 35 Serie A di Stadion Olimpico, Sabtu (28/4) malam WIB, Roma sudah unggul dua gol di babak pertama. Gol-gol dari Patrik Schick dan Dzeko membawa Roma memimpin 2-0.

Di awal babak kedua, Roma kehilangan Juan Jesus yang dikartu merah oleh wasit. Roma juga dihukum penalti dari pelanggaran yang dilakukan Jesus terhadap Roberto Inglese.

Tapi Inglese gagal mengonversi penalti menjadi gol. Arah tendangannya bisa dibaca dengan baik oleh Alisson Becker dan ditepis oleh kiper Roma itu.

Kalah jumlah pemain, Roma justru mampu menambah dua gol. Stephan El Shaarawy dan Dzeko mencetak gol untuk membawa Roma unggul 4-0. Chievo baru mencetak gol hiburan di menit ke-88 lewat sundulan Inglese.

Dengan kemenangan ini, Roma memantapkan posisinya di peringkat ketiga dengan 70 poin. Sedangkan Chievo ada satu tempat di atas zona degradasi di peringkat 17 dengan 31 poin.

Jalannya Pertandingan

Bertindak sebagai tim tamu, Chievo justru mampu mengancam gawang Roma lebih dulu di menit keenam. Roberto Inglese menyodorkan bola kepada Lucas Castro yang berdiri bebas di sisi kanan kotak penalti. Sial bagi Castro, tendangannya menghantam mistar gawang.

Meski demikian, Roma yang kemudian mampu membuka keunggulan lebih dulu di menit kesembilan. Radja Nainggolan mengirim umpan dari sisi kiri yang dituntaskan dengan sempurna oleh Patrik Schick yang ada di depan gawang.

Roma nyaris menambah gol tak lama kemudian. Sebuah tendangan bebas ditanduk oleh Federico Fazio. Tapi upaya Fazio itu hanya mengenai tiang gawang.

Stephan El Shaarawy sempat menjebol gawang Chievo dengan tendangan tumitnya. Tapi gol tersebut dianulir wasit karena El Shaarawy berada dalam posisi offside.

Upaya Roma untuk mencetak gol lagi-lagi dimentahkan oleh tiang gawang. El Shaarawy melakukan tusukan dari sisi kiri dan melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kanannya. Tapi bola hanya mengenai tiang gawang.

Roma menggandakan keunggulan di menit ke-40. Aleksandar Kolarov melepaskan umpan dari kiri dan Edin Dzeko meneruskannya dengan tendangan voli di depan gawang.

Babak kedua berjalan 10 menit, Roma harus kehilangan Juan Jesus. Bek asal Brasil itu dikartu merah setelah dinilai menjatuhkan Inglese di kotak penalti. Pelanggaran tersebut juga berbuah hadiah penalti untuk Chievo.

Keputusan tersebut sempat ditinjau wasit dengan menggunakan VAR. Setelah melihat VAR, wasit tetap pada keputusannya untuk mengusir Jesus dan memberi hadiah penalti kepada Chievo.

Inglese maju sebagai eksekutor. Tapi tendangannya bisa dibaca dengan baik oleh Alisson Becker dan ditepis oleh kiper asal Brasil itu.

Meski kalah jumlah pemain, Roma tetap tampil menyerang. Kolarov coba melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi mashi melenceng dari gawang.

Roma mampu menambah gol di menit ke-65. El Shaarawy menggiring bola hingga ke kotak penalti. Setelah mengecoh bek Chievo, El Shaarawy melepaskan tembakan dengan kaki kanan untuk menjebol gawang Chievo.

Hanya berjarak dua menit, Roma memantapkan keunggulannya. Dari luar kotak penalti, Dzeko melepaskan tembakan dengan kaki kiri yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang Chievo.

Chievo mencetak gol hiburan di menit ke-88. Inglese menebus kegagalannya dalam mengeksekusi penalti dengan menjebol gawang Roma setelah memaksimalkan sebuah sepak pojok. Inglese menanduk bola hasil tendangan sudut Valter Birsa. (dtc)