12 Penderita Yang Disarankan Dokter Jangan Dulu Puasa

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam. Artinya, ibadah ini wajib bagi umat Muslim, dengan beberapa syarat, seperti mampu.

Namun, dalam kondisi tertentu, Muslim mendapatkan keringanan misalnya diperbolehkan meninggalkan puasa lalu menggantinya di hari yang lain atau membayar fidiyah.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi tidak mampu menunaikan ibadah puasa, salah satunya karena masalah kesehatan. Nah, penderita penyakit apa aja yang menurut saran dokter tidak dulu berpuasa?

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang juga seorang dokter ahli penyakit dalam konsultan pencernaan, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, memberikan daftar siapa saja yang sebaiknya tidak berpuasa. Sebab jika dipaksakan berpuasa, maka hal itu akan lebih membahayakan bagi kondisi kesehatannya.

“Dua minggu lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan. Sudah ada yang bertanya mengenai siapa saja yang tidak diperbolehkan puasa karena alasan sakit. Maka mudah-mudahan informasi ini bermanfaat,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Minggu (29/4).

1. Pasien di Rumah Sakit
Pasien dalam perawatan rumah sakit dan dalam keadaan diinfus baik infus cairan maupun makanan atau pasien yang sedang mendapat transfusi darah sebaiknya tidak menjalankan ibadah puasa terlebih dahulu.

2. Infeksi Akut
Seseorang yang sedang dalam infeksi akut misal radang tenggorokan berat, demam tinggi, diare akut, mual dan muntah.

3. Migren dan Vertigo
Seseorang dengan migren atau vertigo. Dikhawatirkan kondisi sakitnya akan bertambah buruk jika pasien tersebut tidak makan atau minum obat.

4. Asma Akut
Pasien dengan gangguan pernapasan akut seperti asma akut, penyakit paru obstruksi kronis yang berat.

5. Jantung
Yaitu pasien jantung dengan gagal jantung.

6. Maag Akut
Pasien sakit maag yang sedang dalam keadaan akut misal muntah-muntah hebat dan nyeri hebat sampai keluar keringat dingin.

7. Kanker
Pasien kanker yang sedang dalam pengobatan atau belum diobati.

8. Liver
Pasien dengan gangguan liver kronis lanjut.

9. Gagal Ginjal
Pasien dengan gagal ginjal kronis yang sedang menjalani cuci darah atau peritoneal dialisis.

10. Diabetes
Pasien kencing manis yang gula darahnya belum terkontrol atau kalaupun terkontrol tetapi dengan kebutuhan insulin masih tinggi lebih dari 30 unit per hari.

11. Alzheimer
Orang tua usia lanjut dengan menderita pikun (Alzheimer).

12. Stroke
Tergantung ada komplikasi lain atau tidak. Aakah dia harus minum obat 3x misalnya jadi harus dilihat secara keseluruhan.

(JPC)

  • Bagikan