Destinasi Wisata Baru di Solo, Lihatlah Parapet Bengawan Solo yang Dilukis Indah

  • Bagikan

SOLO, RAKYATJATENG – Kota Solo kini mempunyai destinasi wisata baru. Tetapi, destinasi ini bukan berupa wahana, melainkan berupa lukisan mural dengan panjang lebih kurang 200 meter. Uniknya, lukisan mural ini tidak dibuat di lokasi perkotaan seperti pada umumnya. Tetapi, lukisan ini memanfaatkan parapet Bengawan Solo sebagai medianya.

Ya, dalam rangka memperingati Hari Air ke-26, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) mengadakan lomba lukis mural. Lomba lukis tersebut sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu. Dan hari ini, Jumat (27/4) Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo meresmikan destinasi wisata mural tersebut.

Sebagaimana temanya yakni tentang air atau alam, lukisan mural yang dibuat oleh seniman mural ini beraneka rupa. Tetapi, pada intinya merupakan gambaran mengenai kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit lukisan tersebut merupakan sebuah kritik terhadap ketidakpedulian manusia dalam menjaga alam sekitarnya. Hasilnya, kondisi alam terutama sungai menjadi kotor dan tidak lagi bersih.

Tema-tema semacam itulah yang diangkat oleh para pelukis mural. Setidaknya ada 25 lukisan mural di parapet yang ada di Jalan Ir Juanda atau depan taman Makam Pahlawan Jurug. Untuk satu lukisan mural memiliki ukuran lebih kurang 4 x 7,5 meter.

Berbagai lukisan mural ini memang cukup menyita perhatian. Dan tidak sedikit pengguna jalan yang sekadar mampir untuk berswafoto di depan mural-mural tersebut. “Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan juga air,” terang Kepala BBWSBS Charisal Akdian saat memberikan sambutannya, Jumat (27/4).

Kemudian Charisal juga mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sudah dimulai sejak bulan Februari yang lalu. Nantinya, tidak hanya mural tetapi BBWSBS juga akan menata kawasan menjadi lokasi wisata yang menarik bagi wisatawan. “Masyarakat bisa berpartisipasi untuk menghias parapet. Nanti kami juga akan membangun taman dan juga menambah fasilitas lainnya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan dirinya sangat mengapresiasi langkah BBWSBS dalam menjaga lingkungan sekaligus menyadarkan masyarakat. “Kawasan ini memang bersejarah, jadi memang sudah selayaknya dijadikan sebagai destinasi wisata baru di Kota Solo,” ucapnya. (JPC)

  • Bagikan