Satlinmas Siap Kawal Pilkada di Jateng

SALATIGA, RAKYATJATENG -Keberadaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) diperlukan untuk mengamankan agenda Pesta Demokrasi baik Pilgub ataupun Pilkada Serentak di Jawa Tengah. Mereka nantinya akan membantu dan menanggulangi adanya permasalahan yang timbul dari gelaran Pilkada mendatang.

Di seluruh Jawa Tengah sendiri ada sekitar 230 ribu personil Satlinmas yang disiapkan untuk mengawal gelaran Pilkada di Jawa Tengah. “Satlinmas sangatlah dibutuhkan untuk menjaga jalannya pemilihan Pilkada. Mereka juga harus berkoordinasi dengan pihak terkait, melakukan pendekatan dengan para tokoh agama guna menciptakan suasana teduh, aman, damai, dan tanpa kerusuhan, serta meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing di saat maupun setelah Pilgub dan Pilkada serentak,” sambut Walikota Salatiga Yuliyanto saat menjadi Inspektur Upacara pada kegiatan apel siaga kesiapan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam PAM Pilgub dan Pilkada Serentak Tahun 2018 Se-Eks Karesidenan Semarang, di lapangan Pancasila, Salatiga, Rabu (25/4).

Menurutnya peran Satlinmas sangat penting karena menjadi salah satu parameter mensukseskan pesta demokrasi, dengan terpilihnya pimpinan daerah yang kredibel (berkualitas) dan akseptabel (diterima) serta terjaganya kondusifitas daerah.

“Peran Satlinmas sangat dibutuhkan dalam menjaga keamanan dan ketenteraman hingga Pilgub dan Pilkada serentak selesai. Hal ini patut didukung oleh seluruh anggota Satlinmas. Saya tekankan agar tidak mudah terprovokasi oleh berbagai isu pemberitaan yang tidak baik dari media massa, media sosial, maupun yang dihembuskan secara langsung oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Yuliyanto juga meminta kepada segenap Satlinmas untuk membantu aparat keamanan dalam mencegah dan menanggulangi terjadinya permasalahan yang timbul. Jika ada permasalahan, selesaikanlah dengan kepala dingin. Kedepankan konsultasi dan koordinasi dengan unsur terkait sesuai aturan yang berlaku.

“Ini yang terpenting, semuanya harus kompak. Mungkin saat bertugas nanti akan ada sedikit benthik atau perbedaan pendapat. Tapi kembali lagi, tujuan kita satu, menciptakan keamanan dan kondusifitas wilayah demi lancarnya Pilgub dan Pilkada serentak di Jawa Tengah,” Pungkasnya.

Sementara itu Ninik Mardiastuti selaku PLH Kepala Satpol PP Provinsi Jateng mengatakan bahwa dalam apel siaga satlinmas ini adalah dalam rangka menghadapi Pilkada 2018 karena ada 7 kabupaten kota di Jawa Tengah yang melaksanakan Pilkada. Tujuh kabupaten kota itu yakni Kabupaten Banyumas, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Magelang, Kudus, Karanganyar dan Temanggung. (JPC)