6 Perlintasan KA di Pemalang Rawan Kecelakaan karena Tidak Berpalang Pintu

PEMALANG, RAKYATJATENG – Sedikitnya ada enam perlintasan kereta api di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang dinilai rawan kecelakan. Selain termasuk jalur padat kendaraan, seluruh perlintasan itu juga tidak berpalang pintu.

Pengendara yang hendak menyeberang pun diminta lebih waspada. Kanit Laka Polres Pemalang Ipda Nuryanto menyebut, enam perlintasan rawan kecelakaan itu diantaranya adalah Iser di Kecamatan Petarukan, Tumbal di Comal, Rowo Panggang di Petarukan, Kolodono di belakang pos polisi Gandulan, perlintasan Wanarejan Taman, serta Kabunan yang juga berada di Kecamatan Taman.

“Kami sudah menyurati PT KAI, agar enam lintasan itu diberi palang karena termasuk jalur padat,” katanya, Selasa (17/4) kemarin.

Kecelakaan terbaru bahkan terjadi di perlintasan Iser Kecamatan Petarukan, dimana sebuah Daihatsu Sigra G 9463 YP, yang dinaiki dua pemuda asal Tegal, tertabrak Kereta Api Cermai jurusan Semarang. Korban terseret hingga 200 meter atau dari KM. 111.4 hingga 111.2. Dua pemuda ini pun meninggal di lokasi kejadian.

Di lokasi kejadian tampak tidak berpalang pintu, namun pihak PT KAI tampak sudah memasang papan besar peringatan adanya lintasan kereta. Disana juga ada himbauan untuk tengok kanan kiri bagi pengguna jalan yang hendak menyeberang. (rtgl)