Hadirkan Suasana Kekeluargaan, Stasiun Semarang Tawang Sajikan “Angkringan On Station”

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Salah satu kuliner jalanan yang menyajikan makanan tradisional yang terkenal di sebagian kalangan masyarakat adalah angkringan. Suasana angkringan memberikan nostalgia dan kesan tersendiri kepada para penikmatnya.

Angkringan pun hampir menjamur di kota-kota terutama di pulau Jawa. Kali ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) ingin menghadirkan suasana tersebut kepada pelanggannya dengan menghadirkan kegiatan Angkringan on Station.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan PT KAI dengan pelanggannya, di mana pelanggan dapat menikmati suasana santai penuh kekeluargaan diiringi sajian live music maupun pertunjukan seni lainnya plus merchandise menarik. Angkringan on Station berlangsung di Stasiun Semarang Tawang selama 4 hari yakni 17-18 April 2018 dan 24-25 April 2018 dari pukul 16.30 WIB sampai 21.00 WIB.

Selain di Stasiun Semarang Tawang, kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak di sembilan stasiun besar dari Daop 1 Jakarta hingga Daop 9 Jember (Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng dan Jember).

Menurutnya, dengan kegiatan ini, pihaknya memberikan suasana yang berbeda dan khas kepada para pengguna jasa kereta api di Stasiun Semarang Tawang. Mereka dapat menikmati makanan khas angkringan yang melibatkan para pelaku usaha UMKM yang bergerak di bidang kuliner tradisional.

“Kami berharap kegiatan Angkringan on Station ini dapat menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara KAI dan masyarakat khususnya pengguna setia jasa KA,” ujar Wiwik Widayanti, Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang.

KAI sengaja menyelenggarakan Angkringan on Station pada Selasa dan Rabu agar bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para pelanggan setianya saat bepergian menggunakan moda transportasi kereta api saat week day. Anda dapat menikmati sajian di gerai angkringan tersebut secara gratis. Syaratnya sangat mudah, yakni cukup menginstal dan register aplikasi KAI Access di smartphone masing-masing.

Selain itu, PT KAI juga ingin mensosialisasikan berbagai promo menarik saat weekday seperti weekdays holiday dan diskon rombongan 15%. Promo weekdays holiday sendiri merupakan program yang ditawarkan KAI pada hari Selasa dan Rabu yang telah berlangsung sejak 13 Maret 2018 hingga 25 April 2018 mendatang.

Dengan promo ini, masyarakat dapat membeli tiket KA dengan harga lebih murah dari harga biasanya. Pemesanan tiket dapat dilayani di loket reservasi, aplikasi KAI Access, website kai.id, vending machine dan channel eksternal mitra perusahaan. Sebagai informasi, tiket dengan tarif promo tersebut dapat direduksi dan bisa dibatalkan maupun diubah jadwalnya.

Tercatat di tahun 2017 yang lalu, jumlah penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang berjumlah total 5.808.033 orang, dimana 13.127 orang menggunakan sebagai fasilitas tiket rombongan.

Sebagai perbandingan jumlah tiket rombongan di wilayah Daop 4 Semarang, telah terjadi kenaikan pertumbuhan sebesar 234 %, dimana pada angkutan rombongan di Tri wulan 1 tahun 2017 berjumlah 3.517 orang, dan di periode Tri wulan 1 tahun 2018 (pada periode yang sama) berjumlah 8.215 orang.

Sementara dalam hal pengguna pemesanan tiket secara online di wilayah Daop 4 Semarang telah terjadi peningkatan sebesar 5 %, dimana sebelumnya berkisar di angka 65 % dari transaksi hariannya di tahun 2017, kini di tahun 2018 meningkat menjadi 70 %. (sen/yon)

  • Bagikan