Ingin Turunkan Berat Badan? Konsumsi Makanan ini Saat Sarapan

RAKYATJATENG – Sarapan tidak hanya membuat seseorang tetap energik sepanjang hari, namun juga membantu menurunkan berat badan. Tetapi, dari 10 orang ternyata hampir setengahnya melewatkan sarapan setiap hari, karena berpikir akan memotong kalori.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (14/4) untuk membantu menyiapkan menu sarapan pagi, banyak aneka pilihan makanan yang bergizi seperti memasukkan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian ke dalam program diet. Berikut beberapa ide sarapan untuk menurunkan berat badan.

1. Raspberry

Secangkir raspberry mengandung 8 gram serat. Penelitian terbaru di Journal of Nutritionmenyarankan makan lebih banyak serat sebagai cara untuk mencegah kenaikan berat badan dan meningkatkan penurunan berat badan.

Para peneliti juga menemukan bahwa asupan serat sebanyak 8 gram untuk setiap 1.000 kalori akan menurunkan berat badan sekitar 4,5 pon.

Raspberry kaya akan vitamin dan antioksidan. Buah ini juga memiliki konsentrasi asam ellagic yang tinggi, senyawa fenolik yang mencegah kanker, sehingga menghentikan pertumbuhan sel kanker.

2. Oatmeal

Oatmeal dapat membantu menurunkan berat badan dengan dua cara. Pertama, dikemas dengan serat dan membuat merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Kedua, untuk menu sarapan yang membantu membakar lemak ekstra dari tubuh, terutama lemak visceral dalam di perut. Ini membantu dalam mengatur kadar gula darah.

3. Yogurt

Kandungan protein dalam yogurt dapat membantu tubuh menjadi lebih langsing. Sebab, yogurt memberikan semua manfaat susu tanpa tambahan lemak atau kalori.

Selain itu, setelah dipelajari, ternaya Yogurt adalah makanan kaya kalsium yang membantu membakar lemak dan memmbantu penurunan berat badan.

4. Telur

Telur kaya akan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, banyak vitamin dan mineral penting. Telur juga memiliki beberapa sifat unik yang membuat mereka makanan yang mudah menurunkan berat badan.

Satu butir telur besar hanya mengandung sekitar 78 kalori, namun sangat tinggi nutrisi. Kuning telur sangat bergizi, jadi cocok untuk menu sarapan setiap hari.

5. Kacang Hitam

Kacang hitam mengandung serat larut. Para peneliti menemukan bahwa setiap 10 gram serat larut yang dikonsumsi setiap hari membantu dalam penurunan berat badan lebih cepat.

6. Selai Kacang

Selai kacang yang mengandung lemak tidak jenuh dan genistein, ternyata mampu menurunkan lemak. Campur selai kacang ke dalam smoothie. Tambahkan pisang dan susu almond ke dalamnya. Minuman sehat ini memiliki keseimbangan sempurna antara lemak sehat, karbohidrat, dan protein.

7. Mentega Almond

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang mengonsumsi kacang cenderung mengalami kelebihan berat daripada mereka yang memakannya. Hal itu karena kacang kaya akan serat, sehingga menjaga perut tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mentega almond tinggi protein, antioksidan, serat dan lemak tak jenuh. Oleskan mentega almond di atas roti gandum.

8. Salmon

Salmon mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang sehat yang membuat kenyang dan berenergi sepanjang pagi. Siapkan salmon asap dengan alpukat di atas roti panggang gandum, yang akan menjadi sarapan yang luar biasa untuk memulai hari.

9. Dada Ayam

Alasan utama dada ayam kadang-kadang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan adalah karena kandungan proteinnya. Setiap porsi 3 ons dada ayam menyediakan 25 gram protein. Menu sarapan yang mengandung setidaknya 25 gram protein cukup mengenyangkan, sehingga tidak makan banyak berikutnya.

10. Berries

Buah beri adalah salah satu buah terbaik untuk sarapan karena tidak hanya kaya antioksidan yang sehat tetapi juga mengandung vitamin C dan vitamin K.

Selain itu, buah ini juga mengandung polifenol, bahan kimia alami yang membantu penurunan berat badan dan mengurangi pembentukan lemak. Jadi, jangan ragu menambahkan buah ini ke sereal, oatmeal, dan menu makanan lainnya. (JPC)