Jokowi Bagikan Sepeda di Semarang

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Presiden Joko Widodo kembali membagi-bagikan sepeda saat kunjungan kerjanya di daerah.

Di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (14/4), Presiden memberikan 3 sepeda kepada para penyuluh agama dari berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Pemberian sepeda itu dilakukan setelah Presiden mengakhiri sambutannya. Setelah turun dari panggung, Jokowi kembali naik ke mimbar dan teringat bahwa ia membawa oleh-oleh.

“Saya lupa, saya bawa 3 sepeda. Silakan maju tunjuk jari,” kata Presiden kepada 5711 penyuluh agama.

Para peserta langsung menunjuk jari. Dari arah belakang, salah satu peserta bernama M Fauzi berlari ke depan sembari mengangkat lengan kanannya.

Ia pun langsung menuju ke bagian depan hingga menarik pandangan Jokowi untuk menunjuknya.

M Fauzi naik ke atas panggung dengan soal nama-nama ikan. Ia pun menjawab lancar pertanyaan itu tanpa kendala. Setelah menjawab, Fauzi dengan refleks mencium tangan Presiden. “Kok lancar sekali jawabnya?” ujar Jokowi.

“Saya tahu karena terbiasa membeli ikan di pasar, jadinya mengetahui,” kata penyuluh agama non-PNS dari Kabupaten Purworejo ini.

Kesempatan kedua diberikan kepada perempuan dari Kudus bernama Elisabet. Ia diminta menjawab soal tentang Pancasila. Elisabet tampak grogi ketika menjawab sila ke-empat.

Setelah diulang, dia akhrinya berhasil menjawab dengan baik. “Saya grogi Karena bersandingan dengan Presiden,” kata Elisabet.

“Dipikir enggak grogi kalau di panggung,” ucap Jokowi.

Sepeda ketiga diberikan kepada seorang penyuluh agama perempuan non-PNS dari Solo bernama Mujiati. Kepada Mujiati, Presiden bertanya soal nama pulau.

Peserta itu diminta menyebutkan 17.000 pulau yang ada di negeri ini. Mujiati menjawab dengan lincah. “Sebutkan nama 17.000 pulau!” ujar Jokowi.

“Indonesia,” jawabnya.

“Kok Indonesia?” ujar Jokowi menimpali.

“Semua pulau yang ada di negara ini tergabung dalam satu NKRI, tidak bisa dipisah. Maka namanya Indonesia,” jawab penyuluh agama itu.

Jokowi heran sekaligus kagum akan jawaban perempuan itu. Menurut dia, jawaban itu tidak salah dan masuk akal. “Ya sudah saya diturunkan, sebutkan 7 nama pulau,” sebut Jokowi.

Mujiati pun dengan lancar menjawab pertanyaan itu dengan menyebut nama pulau-pulau besar di negeri ini. Ia pun berhak membawa pulang sepeda bertuliskan “Pemberian Presiden Jokowi” itu. (kcm)

  • Bagikan