Panwaslu Grobogan Temukan Ribuan Pemilih Ganda di DPS Pilgub Jateng

PURWODADI, RAKYATJATENG – Panwaslu Grobogan menemukan 2.075 data ganda dalam daftar pemilih pada Pilgub Jateng di Grobogan. Temuan tersebut dari daftar pemilih sementara (DPS) yang sudah beredar.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Grobogan Fitria Nita Witanti mengatakan, jumlah data ganda di antaranya terdapat nomor KK, nomor NIK, alamat atau nama yang sama dalam DPS dari 19 kecamatan. ”Hasil temuan tim Panwaslu terdiri nomor KK, NIK, tanggal lahir ada 11 orang; ganda NIK, nama dan tanggal lahir ada 317 orang; ganda NIK dan tanggal lahir ada 450 orang; dan NIK sama dan nama berbeda ada 1.297 orang,” katanya.

Dengan temuan itu, pihak Panwaslu akan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Grobogan untuk validasi nomor induk kependudukan ganda yang tercatat paling banyak. Hasil dari temuan ini nanti akan disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum sebagai bahan rekomendasi sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT). ”Untuk temuan hampir di seluruh kecamatan ada,” ujarnya.

Sementara itu, dari DPS Pilgub Jawa Tengah di Grobogan ada 1.906.028 pemilih. Diharapkan temuan ini nantinya bisa menjadi rekomendasi untuk pembenahan pada tahap DPSHP sebelum ditetapkan DPT. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono