TMMD Kodim Cilacap Rejab Rumah Nenek Casrip

CILACAP, RAKYATJATENG – Semangat kegotongroyongan yang ditunjukan masyarakat Desa Pengadegan, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang menjadi sasaran lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I Tahun 2018 Kodim 0703/Cilacap, patut diapresiasi.

Hal ini karena selama kegiatan TMMD berlangsung, puluhan warga dari beberapa RT di dusun itu turut serta menyengkuyung dalam pembangunan fisik berupa pembangunan jalan, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan sebagainya.

Pada kegiatan rehab RTLH milik Nenek Casrip (71) belum lama ini misalnya, warga Dusun Ciakar RT 01/03 Desa Pengadegan, masyarakat bersama anggota TNI terlihat sangat antusias, seakan tak mengenal rasa lelah.

Yang tua dan yang muda, pria dan wanita semua bahu membahu mendukung pelaksanaan rehab rumah Nenek Casrip sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

“Gotong royong merupakan sifat asli warga masyarakat Dusun Ciakar Desa Pengadegan yang telah diturunkan oleh para pendahulu. Dari dulu kalau untuk gotong royong lebih utama dari pada kepentingan pribadi,” kata Supriyadi Kadus 3 Desa Pengadegan.

Pasiter Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf Marjono menegaskan, TMMD Sengkuyung Tahap I ini membangkitkan kembali semangat gotong royong dalam masyarakat.

Karena seluruh komponen bangsa mulai dari pemerintah, TNI, Polri hingga masyarakat akan dilibatkan dalam kegiatan TMMD ini.

“Bangsa ini bisa besar bukan karena kekuatan militernya, melainkan dari persatuan dan kesatuan rakyatnya. Semangat gotong royong merupakan cerminan dari persatuan yang telah dilakukan para pendahulu di negeri ini. Semangat itu ingin kami gugah kembali melalui TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0703/Cilacap ini,” tegasnya saat dihubungi melalui WhatShapp.

Selain rumah nenek Casrip di Dusun Ciakar, juga terdapat 5 rumah yang menjadi sasaran TMMD dan secara keseluruhan rehap RTLH pada TMMD Sengkuyung Tahap 1 2018 Kodim 0703/Cilacap berjumlah 20 unit. (sen/yon)