Bupati Perjuangkan Kereta Cilacap-Semarang

CILACAP, RAKYATJATENG – Kereta api saat ini menjadi moda transportasi pilihan masyarakat. Kenyamanan dan kecepatan menjadi satu alasan mereka menggunakan moda transportasi yang sudah berbenah ini.

Saat ini, Pemkab Cilacap sedang mengusulkan ke PT KAI untuk menambah rute KA Kamandaka. Untuk melayani masyarakat sampai ke stasiun Cilacap.

Dari Stasiun Cilacap, saat ini hanya ada dua tujuan kereta api, yakni dari Cilacap-Jakarta menggunakan KA Purwojaya, serta Cilacap-Yogyakarta-Solo menggunakan KA Wijaya Kusuma.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dalam cuitannya di twitter sedang mengusulkan kepada PT Kereta Api Indonesia untuk menambah rute KA Kamandaka. Bukan hanya dari Purwokerto menuju ke Semarang saja, tetapi juga dari Cilacap menuju ke Semarang. Karena itu Bupati meminta doa kepada masyarakat agar perjuangannya ini berhasil.

“Mohon doanya, Pemkab Cilacap sedang mengusulkan ke PT KAI untuk menambah rute KA Kamandaka. Untuk melayani masyarakat sampai ke stasiun Cilacap,” katanya.

Usulan ini kata Bupati dilakukan agar masyarakat di Cilacap memiliki pilihan transportasi yang digunakannya untuk menuju ke ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang. Pasalnya, saat ini pilihan moda transportasi menuju ke Semarang baru menggunakan bus, travel atau mobil pribadi. “Sehingga ada moda transportasi baru jurusan Cilacap-Semarang,” lanjutnya.

Adanya usulan ini, sangat direspon baik oleh masyarakat. Satu di antaranya, Ari Setiawan yang sangat setuju dengan adanya KA dari Cilacap menuju ke Semarang. “Kalau ada rute Cilacap Semarang saya setuju, dan bakal pilih itu kalau ke sana. Pasti lebih cepat, dan sekarang kan kereta sudah lebih nyaman,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko ketika ikonfirmasi membenarkan sudah diadakan pertemuan terkait usulan tersebut. Atas usulan dari Bupati untuk penambahan rute ini, pihaknya masih mempertimbangkannya. “Baru diadakan pertemuan kemarin, ya harus dikaji dulu. Karena potensi pasar harus dipertimbangkan,” katanya. (SP)