Lahan Mangkrak PT KAI di Solo Akan Disulap Jadi Ruang Publik

  • Bagikan

SOLO, RAKYATJATENG – Walikota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo berencana mendatangi Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengecek keberadaan aset PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang ada di Solo. Mengingat, selama ini aset milik PT KAI di Solo cukup banyak.

Selain itu, Rudy begitu dia akrab disapa ini juga ingin meminjam pakai sejumlah aset milik PT KAI yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk fasilitas warga.

“Kami ingin mengetahui, mana saja aset tanah yang merupakan milik PT KAI dan yang bukan, karena aset PT KAI kan cukup banyak,” terangnya, Jumat (6/4).

Lebih lanjut Rudy mengatakan, bahwa Pemkot juga berencana untuk mengajukan pinjam pakai terhadap sejumlah aset milik PT KAI yang tidak dimanfaatkan. Salah satu aset yang ingin dipinjam pakai yakni lahan yang ada di kawasan Joho, Manahan atau di sekitar Depo Stasiun Purwosari.

Menurutnya, lahan bekas hunian warga yang sebelumnya digunakan rumah dinas pegawai PT KAI itu bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat. Dibandingkan dibiarkan mangkrak dan tidak terurus.

“Itu lahannya bisa dipakai untuk ruang publik, seperti taman cerdas, arena bermain anak. Selama ini lahan itu tidak dipergunakan, makanya kami akan mengajukan pinjam pakai,” katanya.

Sementara itu, Deputi PT KAI Daop VI Jogjakarta, Ida Hidayati mengatakan, pihaknya tidak berwenang untuk menyetujui atau tidak permohonan dari Pemkot Solo tersebut. Menurutnya, untuk masalah pinjam pakai aset merupakan kewenangan langsung dari PT KAI pusat.

“Kalau masalah itu (pinjam pakai) bukan kewenangan kami, itu langsung ke pusat. Sana nanti yang bisa menyetujui atau tidak, dan bukan kami,” katanya. (JPC)

  • Bagikan