PSI Masukkan Namanya di Bursa Cawapres, Mahfud MD: Silakan Saja

JAKARTA, RAKYATJATENG – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menegaskan bahwa dirinya tidak pernah mengajukan diri sebagai calon wakil presiden di Plpres 2019 mendatang.

Penegasan itu disampaikan kepada jajaran pengurus DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang memasukkan namanya dalam bursa cawapres ideal pendamping Jokowi.

Kata dia, pilihan cawapres sepenuhnya ada di tangan calon presiden dan parpol pengusung. Namun demikian, dia mempersilakan kepada PSI yang memasukkan namanya sebagai salah satu calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung.

“Silakan saja proses politik berjalan. Semua partai mencari calon-calonnya dan memberikan penilaian. Nah silakan nanti dibicarakan dengan calon presiden yang mereka angkat,” ujar Mahfud saat jajaran DPP PSI bersilaturahmi ke tempatnya di Jakarta, Kamis (5/4).

Sekjen PSI Raja Juli Antoni menjelaskan, meski nama Mahfud masuk dalam radar PSI, namun penentuan akhir tetap ada pada Jokowi.

“Kami kepada beliau bahwa nama Pak Mahfud banyak yang menyebut-nyebut dan kita terus menerima dari publik. Daftar ini belum final, kita sedang lakukan poling dan akan tanya kepada masyarakat,” jelasnya sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Dalam pertemuan ini, PSI juga meminta Mahfud MD untuk kembali menjadi panelis independen dalam tes wawancara bakal caleg PSI gelombang kedua pada 21 dan 22 April 2018.

“Kami juga berdiskusi soal rencana PSI mewajibkan para kadernya di parlemen kelak untuk melaporkan kerjanya ke public secara rutin. Kami bahas aspek hukumnya dengan Pak Mahfud,” kata Ketua Umum PSI Grace Natalie. (rmol)