Real Madrid Sikat Juventus 3-0, Ronaldo Sumbang Dua Gol

  • Bagikan

TURIN, RAKYATJATENG – Real Madrid meletakkan satu kakinya di semifinal Liga Champions. Terbantu oleh dua gol Cristiano Ronaldo, Los Blancos melibas Juventus dengan skor 3-0 di kandang lawan.

Pada pertandingan leg pertama perempatfinal di Allianz Stadium, Turin, Rabu (4/4) dinihari WIB, Madrid sudah unggul di menit ketiga melalui gol Ronaldo. Skor 1-0 untuk keunggulan Madrid bertahan hingga selesainya babak pertama.

Juventus berusaha keras untuk menyamakan skor di babak kedua. Akan tetapi, justru Madrid yang memperbesar keunggulan mereka melalui gol indah Ronaldo di menit ke-64.

Diusirnya Paulo Dybala membuat Juventus makin terjepit. Hal ini dimanfaatkan oleh Madrid untuk mencetak gol ketiga melalui kaki Marcelo pada menit ke-72.

Kemenangan telak ini membuka lebar peluang Madrid untuk lolos ke semifinal. Mereka akan gantian menjamu Juventus di Santiago Bernabeu pada pekan depan. Sebaliknya, Juventus harus menang dengan selisih minimal empat gol di Bernabeu untuk membalikkan keadaan.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan belum genap berjalan tiga menit ketika Ronaldo menjebol gawang Juventus. Gol ini tak lepas dari kelengahan barisan belakang Juventus dalam mengawal Isco.

Isco yang lolos di sisi kiri kemudian menusuk ke kotak penalti dan mengirimkan umpan mendatar. Ronaldo menuntaskannya dengan sontekan jarak dekat untuk membawa Madrid memimpin 1-0.

Setelah kemasukan, Juventus berusaha untuk langsung merespons. Namun, serangan-serangan mereka masih bisa diredam oleh barisan belakang Madrid.

Juventus nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-23, ketika tendangan bebas Dybala disambar oleh Gonzalo Higuain di mulut gawang. Namun, gawang Madrid masih selamat berkat aksi gemilang Keylor Navas.

Memasuki menit ke-36, giliran Madrid yang nyaris memperbesar keunggulannya melalui tembakan keras Toni Kroos. Sial buat Kroos, bola tembakannya cuma mengenai mistar.

Di sisa babak pertama, Juventus berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Namun, Madrid tetap unggul 1-0 hingga turun minum.

Madrid memperoleh peluang lewat Ronaldo di awal babak kedua. Namun, sepakan Ronaldo masih sedikit meleset dari gawang Juventus.

Juventus gantian mengancam melalui situasi bola mati pada menit ke-56. Tapi, tendangan bebas Dybala mengenai pagar hidup pemain Madrid dan membuat bola melenceng tipis dari gawang.

Setelahnya, Juventus terus menekan Madrid demi mendapatkan gol penyama. Akan tetapi, tim tuan rumah masih saja kesulitan untuk menembus pertahanan Madrid.

Ketika serangan-serangan Juventus menemui kebuntuan, Madrid justru berhasil memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-64. Ronaldo kembali mencatatkan namanya di papan skor, kali ini lewat sebuah gol indah.

Setelah tembakan keras Lucas Vazquez ditepis secara luar biasa oleh Gianluigi Buffon, bola dikuasai oleh Dani Carvajal. Carvajal kemudian mengirimkan umpan lambung, yang disambut Ronaldo dengan tendangan salto mematikan. Buffon cuma terdiam melihat gawangnya jebol.

Dalam posisi ketinggalan dua gol, Juventus malah kehilangan satu pemainnya. Dybala diganjar kartu merah oleh wasit setelah mendaratkan kakinya di perut Carvajal.

Madrid makin di atas angin setelah Marcelo mencetak gol di menit ke-72. Usai bermain umpan satu-dua dengan Isco dan Ronaldo di kotak penalti Juventus, Marcelo melewati adangan Buffon dan tinggal mendorong bola ke gawang kosong. Madrid pun memimpin 3-0.

Ronaldo menyia-nyiakan peluang emas di injury time. Dia berdiri bebas di mulut gawang Juventus, tapi sontekannya malah melambung.

Di detik-detik akhir injury time, Juventus mendapatkan kesempatan lewat Higuain dan Cuadrado. Namun, tembakan Higuain bisa dimentahkan oleh Navas, sementara sontekan Cuadrado dari jarak dekat meleset. (dtc)

  • Bagikan