Kawal Pembangunan Periode Kedua, Ganjar Siap Permanenkan Koalisi

  • Bagikan

SRAGEN, RAKYATJATENG – Koalisi partai politik pendukung Ganjar Pranowo dan Taj Yasin tidak hanya sampai Pilgub Jateng 2018. Namun terus bersama-sama untuk menyusun program dan mengawal politik anggaran lima tahun ke depan.

Ganjar sudah berbicara dengan partai-partai dan menyepakati koalisi permanen. Koalisi ini penting diteruskan karena Jateng sangat luas, beragam, dan persoalan yang muncul luar biasa banyak.

“Kami sudah bicara soal pemerataan pembangunan, ada usulan soal pola pembiayaan, juga sumber yang tidak hanya dari APBD,” kata Ganjar pada Deklarasi Pemenangan Partai Koalisi Ganjar-Yasin Sragen, Senin (2/4).

Dengan dukungan partai koalisi, Ganjar yakin program pembangunan akan lebih mudah terlaksana. Sinergitas eksekutif dan legislatif juga lebih stabil dan komunikasi terjalin baik.

“Periode pertama kita sendirian, sekarang temannya banyak, maka (pembangunan) insya Allah lebih cepat kita dorong,” ujarnya.

Ia mencontohkan rencana program bantuan untuk guru madrasah diniyiah dan pondok pesantren. Bersama Taj Yasin, Ganjar berencana mengalokasikan Rp 331 miliar.

“Namun prosesnya kan di DPRD, tanpa dukungan koalisi yang kuat program ini bisa tidak berjalan,” katanya.

Dalam Pilgub Jateng 2018, Ganjar-Yasin didukung PDIP, PPP, Demokrat, Nasdem, Golkar. Selain itu ada sejumlah partai lain yang belakangan ikut bergabung. Yakni Hanura, PSI, dan Garuda.

Selain deklarasi koalisi, Ganjar berkeliling ke sejumlah tempat di Sragen. Sarasehan dengan paguyuban pedagang beras Sragen di Mayaran, dialog dengan petani di Gondang, mengunjungi sejumlah pondok pesantren, dan menginap di salah satu rumah warga di Sambung Macan.

Ketua DPC PDIP Sragen Untung Wibowo Sukowati, mengaku siap all out memenangkan Ganjar-Yasin. Seluruh kader dan mesin partai akan digerakkan maksimal.

Menurut dia, pemenangan akan dilakukan dengan memaksimalkan seluruh wilayah Sragen yang selama ini memang dikenal sebagai kandang banteng.

“Kami tidak bisa mengatakan berapa persentase kemenangan nanti, tapi harus menang mutlak,” Untung menjelaskan.

Ketua DPRD Sragen yang juga Wakil Ketua DPC PDIP Sragen, Bambang Samekto mengamini pasangan Ganjar-Yasin bisa menang mutlak di Sragen.

“Pengalaman pilgub sebelumnya, Ganjar bisa meraih kemenangan hingga 71 persen. Tentunya pada Pilgub mendatang perolehan suara mestinya lebih besar lagi,” tegasnya. (JPR/JPC)

  • Bagikan