Liburan di Jogja, Singgahi 5 Tempat Makan Malam Tradisional Ini

JOGJA, RAKYATJATENG – Jika menghabiskan libur panjang akhir pekan di Jogja, jangan lupa sambangi tempat makannya. Lima tempat makan paling populer ini punya makanan enak.

Saat sebagian orang memilih untuk tidur, ada juga wisatawan yang tak ingin melewatkan malam begitu saja di Jogja. Meskipun hari sudah gelap, makanan tradisional autentik di Jogja masih tetap bisa memanjakan lidah dan perut yang lapar.

Berikut 5 tempat wisata kuliner malam di Jogja yang menawarkan sensasi makan enak dan legendaris.

1. Gudeg Pawon

Ke Jogja tak lengkap jika tak mencicip kelezatan gudegnya. Kalau tidak sempat makan gudeg siang hari, cobalah datang ke Gudeg Pawon.

Berada di Jalan Janturan, warung gudeg fenomenal ini siap menjadi menu santap malam. Saking fenomenalnya, ratusan orang rela mengantri demi seporsi gudeg ini. Buka mulai pukul 22.00 WIB, Gudeg Pawon bisa langsung habis dalam waktu dua sampai tiga jam kemudian.

2. Oseng Mercon Bu Narti

Buat pencinta makanan pedas, wajib rasanya mencicipi oseng mercon racikan Bu Narti. Kedai sederhana di Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Jogjakarta ini buka mulai pukul 18.00 WIB, jadi siap-siap datang saat malam ya.

Ada sekitar 8 menu oseng yang bisa dipilih. Oseng-oseng akan semakin mantap jika dipadukan dengan menu lainnya seperti ayam, telur, tahu atau tempe. Racikan bumbunya boleh sederhana tapi sensasi rasanya bikin kangen, apalagi sensasi pedasnya.

3. Nasi Kuning Bu Tuminem

Di Jogja juga ada nasi kuning spesial yang bisa jadi santapan malam. Seporsi nasi kuning Bu Tuminem biasa disajikan dengan lauk ayam suwir, krecek hingga telur bacem.

Warung nasi kuning Bu Tuminem berlokasi di Jl Kranggan dan mulai buka jam 22.00. Rasa khasnya begitu kental karena dibuat secara tradisional.

4. Sego Koyor Bu Parman

Kuliner malam Jogja selanjutnya yang tak boleh terlewat adalah sego koyor. Koyor atau urat sapi diolah dengan berbagai bumbu dan dimasak seperti gulai. Penyajiannya sederhana yakni hanya dengan nasi putih.

Sego koyor bisa dikategorikan sebagai kuliner legendaris khas Jogjakarta. Selain masyarakat Jogja dan wisatawan, sego koyor ini juga jadi favorit artis-artis lho. Warung sego koyor Bu Parman buka mulai pukul 22.00, berada di Jl. Brigjen Katamso No. 111, Prawirodirjan, Gendomanan, Jogjakarta.

5. Angkringan Lik Man

Berlokasi di dekat stasiun Tugu, Jogjakarta, ada angkringan yang wajib disambangi. Selain makanan khas angkringan berupa nasi dan lauk pauk sederhana, angkringan ini juga punya kopi joss yang terkenal.

Menghabiskan malam di Jogja sambil menyesap segelas kopi joss memang paling nikmat. Apalagi ditemani tembang klasik yang dibawakan para musisi jalanan. Angkringan Lik Man terletak di Jl. Wongsodirjan, Jogjakarta. (dtc)