Produk Unggulan Jepara Dipromosikan di TMII Jakarta

JEPARA, RAKYATJATENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar paket acara khusus Kabupaten Jepara di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akhir pekan lalu. Pada agenda tersebut, dipromosikan beragam potensi unggulan Jepara. Mulai dari kerajinan, kuliner, hingga budaya.

Dalam pameran produk unggulan itu, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jepara memamerkan produk kerajinan Jepara. Mulai dari produk kayu, rotan, hingga batik dan tenun Jepara.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara menampilkan pangan lokal Jepara. salah satunya kopi Jepara. Dinas Perikanan Kabupaten Jepara mempromosikan berbagai macam produk olahan laut. Termasuk oleh-oleh khas Karimunjawa, yang cukup menyita perhatian. Seperti, krupuk kulit ikan, teri crispy Karimunjawa, coklat rumput laut, abon ikan tongkol kaya kalsium, dan juga coklat sagon, yang merupakan perpaduan coklat, rumput laut dan kelapa.

Terkait paket khusus ini, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi didampingi Sekda Jepara Sholih mengatakan, paket khusus tersebut menjadi sarana untuk mempromosikan Kabupaten Jepara dengan kekhasannya dari berbagai aspek. ”Selain kesenian juga bisa menikmati kuliner dan membeli produk kerajinan khas Jepara,” katanya.

Pada kegiatan paket khusus itu diundang para duta besar dari berbagai negara. Mulai dari Dubes Irak, Libanon, Suriname, Polandia, Libya, Srilanka, dan beberapa negara lainnya. ”Ini sangat menarik, kita harus memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan Jepara,” terangnya.

Pada kesempatan itu Andi juga mengajak para dubes bertandang ke Jepara. pihaknya berharap itu bisa membuka pintu kerja sama bidang pariwisata dan sektor lainnya. ”Jika ingin melihat keindahan alam Jepara, silahkan dibuktikan dengan datang langsung ke Jepara, kami siap menyambut kedatangan para utusan negara sahabat,” ungkapnya.

Andi menambahkan, pada April mendatang yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Jepara ini. Banyak even dan festival seni dan budaya yang akan disajikan selama satu bulan penuh. ”Untuk itu jangan sia-siakan momentum tersebut untuk mengunjungi Bumi Kartini,” tuturnya.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Kusdarminto menambahkan, paket acara Khusus Kabupaten/kota ini dilaksanakan tiap tahunnya. Tahun ini Provinsi Jawa Tengah bekerjasama Pemerintah Kabupaten Jepara. ”Kegiatan tersebut diberikan kepada setiap kabupaten dan kota untuk memamerkan karya kreasi lokal baik kesenian maupun produk unggulan,” imbuhnya. (JPR/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono