Tol Pejagan-Pemalang Sudah Bisa Dilalui H-15 Lebaran

TEGAL, RAKYATJATENG – Menjelang digunakan untuk arus mudik Lebaran, pengerjaan pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang ruas seksi III dan IV sudah mencapai 80 persen. Ruas tol sepanjang sekitar 37 kilometer itu ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada H-15 Lebaran.

Pantauan di ruas seksi III di wilayah Adiwerna, Kabupaten Tegal, Senin (26/3) siang, kondisi badan jalan di ruas tersebut sebagian besar sudah dalam kondisi rigid beton. Sejumlah rambu penunjuk arah juga terlihat sudah terpasang.

‎Staf PT Pejagan-Pemalang Toll Road (PPTR) Parta Kumba mengungkapkan, pengerjaan di seksi III yang menghubungkan Brebes Timur-Tegal sudah mencapai 88 persen. Sementara di seksi IV yang menghubungkan Tegal-Pemalang sudah mencapai 86 persen.

‎”Targetnya Lebaran sudah operasional. Jadi sudah bisa dilalui. Paling lambat H-15 Lebaran kita harapkan sudah operasional,” kata Parta, Senin (26/3).

‎Selain pengecoran badan jalan di beberapa titik, Parta menyebut pengerjaan yang tengah dilakukan antara lain penyelesaian pembangunan jalan elevated atau jalan layang dan jembatan. “Pembangunan jembatan sudah selesai semua, tinggal finishing,” ujar Parta.

Diakui Parta, terdapat sejumlah titik ‎badan jalan yang sudah dibeton terpaksa harus dibongkar dan dikerjakan ulang karena kondisi tanahnya yang tergerus hujan. Namun hal ini tidak sampai menghambat proses pengerjaan secara keseluruhan.

“Selain cuaca, kendalanya itu kondisi tanahnya yang beragam. Bekas sawah, bekas rawa. Ada beberapa lokasi yang failure (gagal) sehingga kita ganti dengan struktur lain. Kendalanya hanya itu saja,” ujarnya.

‎Dengan tidak adanya kendala yang berarti, Parta optimistis ruas tol seksi III dan IV sudah bisa dioperasikan pada arus mudik Lebaran nanti. Meski demikian, kepastian operasional tersebut akan dikoordinasikan lebih dulu dengan kesiapan di ruas Pemalang-Batang. “Kita optimis selesai sebelum Lebaran,” tandasnya. (rdrtgl/yon)