Ciptakan Pilkada Damai, Letda Sugiyarto Ndalang Wayang Kulit

  • Bagikan

MAGELANG, RAKYATJATENG – Ki Dalang Letda Arm Sugiyarto yang juga Perwira dari Yonarmed 3/105 melakukan pementasan kesenian tradisional Wayang Kulit di Pendopo Pondok Tinggal Hotel Jalan Balaputradewa No 32 Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (24/3).

Kegiatan pementasan tersebut bertajuk Sinergitas, TNI, POLRI dan Masyarakat dalam rangka menciptakan Pilkada Serentak 2018 yang aman dan kondusif di Kabupaten Magelang.

Pementasan atau pagelaran wayang kulit tersebut dihadiri aparat TNI-Polri, Pemerintah Kabupaten Magelang serta masyarakat setempat.

Ada yang menarik dari pagelaran wayang kulit tersebut yang bisa dibilang lain dari yang lain. Dimana dalam pementasan kali ini, Ki Dalang Letda Arm Sugiyarto yang sehari-hari sebagai Danton Yonarmed 3/105 Tarik didukung oleh Karawitan Langen Budoyo Polres Magelang dan Prajurit Yonarmed 3/105 Tarik.

Cerita yang diusung dalam pagelaran wayang kulit tersebut yaitu Setyaki Manenges. Kisah ini menceritakan kelahiran Raden Setyaki yang kelak menjadi sekutu penting para Pandawa dalam Perang Bratayuda.

“Dalam kisah ini, saya mencoba menyajikan asal mula Raden Setyaki memiliki nama Yuyudana, Tambakyuda, Singamulangjaya, dan Wresniwira,” kata Letda Arm Sugiyarto atau yang akrab disapa Ki Mudo Sugiyarto itu.

Disisi lain Danyonarmed 3/105 Tarik Mayor Arm Irwansah, S.A.P mengatakan, bahwa pagelaran wayang kulit tersebut merupakan wujud nyata Sinergitas TNI-Polri dan Masyarakat khususnya Yonarmed 3/105 Tarik, Polres Magelang dan masyarakat.

“Selain itu, juga mencerminkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang harmonis di wilayah Magelang,” ujarnya.

Mayor Arm Irwansah menambahkan, Prajurit Yonarmed 3/105 Tarik siap membantu Polres Magelang mengamankan jalannya Pilkada Serentak 2018 di wilayah Magelang.

“Sinergitas TNI-Polri akan selalu dijunjung tinggi untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuhnya. (sen/yon)

  • Bagikan