Persiapan Angkutan Lebaran, Ada Tambahan 7 Kereta Api

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Hari Raya Idul Fitri 1439 H pada tahun ini berdasarkan kalender nasional diperkirakan akan jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018. Bagi masyarakat yang ingin berkesempatan merayakan Lebaran di kampung halaman, tentunya kesempatan ini tidak akan dilewatkan begitu saja.

Sejalan dengan kebijakan PT KAI yang telah memberlakukan sistem pemesanan tiket KA mulai 90 hari sebelum keberangkatan (H-90), tentunya masyarakat pada tanggal 14 Maret 2018 ini, sudah bisa memesan tiket sampai untuk keberangkatan kereta api pada tanggal 12 Juni 2018 (H1-3/3 hari sebelum Hari Lebaran).

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, bahwa pada masa angkutan lebaran ini, jumlah perjalanan kereta api yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang berjumlah 65 Perjalanan KA dengan kapasitas tempat duduk 42.210 Seat.

Jumlah perjalanan tersebut terdiri dari 13 KA regular (8.170 tempat duduk) dan 3 KA tambahan (2.620 tempat duduk) yang merupakan pemberangkatan awal dari wilayah Daop 4 Semarang, 16 perjalanan KA Lokal (8.776 tempat duduk), serta 29 KA reguler (16.368 tempat duduk) dan 4 KA tambahan (6.276 tempat duduk) yang melintas di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang.

Jadi total untuk KA tambahan di wilayah PT KAI Daop 4 selama masa angkutan Lebaran 2018 berjumlah 7 KA tambahan (3 KA pemberangkatan awal dari Daop 4 Semarang dan 4 KA yang melintas) dengan total tempat duduk tambahan berjumlah 8.896 seat/hari.

Arus mudik sendiri diperkirakan akan mengalami puncaknya pada Rabu, 13 Juni 2018 (H1-2) dan puncak arus baliknya diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 17 Juni 2018 (H2+1). 7 KA tambahan tersebut akan beroperasi pada tanggal 4 Juni s/d 26 Juni 2018 dan pemesanan tiketnya dapat dilakukan mulai H-60.

Adapun daftar 7 Kereta Api tambahan yang pemberangkatan awal maupun yang melintas di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang diantaranya, Argo Sindoro (Semarang Tawang – Gambir ), Argo Muria (Semarang Tawang – Gambir ), Tawang Jaya Premium (Semarang Tawang – Pasar Senen), Sembrani (Gambir – Surabaya Pasar Turi), Matarmaja (Pasar Senen – Malang), Kertajaya (Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi) dan Brantas (Pasar Senen – Blitar).

Menurut Suprapto, KAI melayani pemesanan tiket 24 jam melalui aplikasi KAI Access, Website kai.id, Contact Center 121, gerai minimarket (Indomaret dan Alfamart), jaringan PPOB, Website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

Di samping itu, loket reservasi stasiun melayani pemesanan mulai pukul 09:00 WIB s/d pukul 16:00 WIB. Sedangkan, jika anda memesan tiket melalui E-Kiosk (vending machine) di stasiun, proses pemesanan dimulai pukul 05:00 WIB s/d pukul 22:00 WIB.

Sebagai informasi, pemesanan tiket melalui KAI Accses banyak sekali keuntungannya. Salah satunya adalah adanya fasilitas yang tidak dimiliki pada channel lain, yakni E-boarding pass. E-boarding pass merupakan boarding pass elektronik yang ditertibkan melalui aplikasi KAI Access versi terbaru.

Dengan adanya e-boarding pass, para pengguna KA cukup menunjukkan e-boarding pass pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding, tanpa harus mencetak di mesin cetak boarding pass CIC (Check In Counter).

Pada masa angkutan Lebaran tahun 2018 ini, KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. Selain itu, KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi resiko adanya gangguan sistem IT serta mengotimalkan server-server penjualan tiket KA.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang ingin memesan tiket kereta api, agar pemesanannya bisa dilakukan melalui fasilitas layanan eksternal channel seperti Website resmi KAI, CC 121, aplikasi onlile tiket seperti kai access, mini market seperti Indomaret dan Alfamart, serta yang lainnya.

“Karena pemesan melalui eksternal channel tersebut sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu yang cukup banyak, dibandingkan apabila memesan tiket di loket stasiun,” tuturnya.

“Saat ini penggunaan pemesanan tiket melalui fasilitas eksternal channel di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang sudah mencapai prosentasi 60 persen dari transasaksi pemesanan tiket di tahun 2017 yang lalu,“ imbuhnya. (sen/yon)

  • Bagikan