Liga Champions: Sevilla Lolos ke Perempatfinal, MU Kandas

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Sevilla memastikan diri lolos ke perempatfinal Liga Champions. Los Rojiblancos lolos setelah mengkandaskan Manchester United dengan skor 2-1 di Old Trafford.

Berkat kemenangan itu, Sevilla lolos dengan keunggulan agregat 2-1 setelah pertemuan pertama yang digelar di kandang mereka berakhir imbang tanpa gol.

Sevilla menjadi wakil Spanyol kedua yang menembus perempatfinal setelah juara bertahan Real Madrid. Sementara itu, MU menjadi wakil Inggris kedua yang tersingkir setelah Tottenham Hotspur.

Jalannya Pertandingan

Lukaku punya kans membawa MU memimpin pada menit kedua. Usai bermain umpan satu-dua dengan Jesse Lingard, Lukaku menembak tapi bola tembakannya tak menemui sasaran.

Dari situasi tendangan bebas, Marcus Rashford mengancam gawang Sevilla. Namun, tembakan Rashford masih bisa dimentahkan oleh kiper Sevilla, Sergio Rico.

Sevilla mendapatkan peluang pertamanya di menit kesembilan. Joaquin Correa menyundul umpan dari Ever Banega, tapi bola sundulannya melambung.

Peluang terbaik MU pada babak pertama didapatkan oleh Marouane Fellaini di menit ke-37. Fellaini punya ruang tembak cukup besar di kotak penalti usai bermain umpan satu-dua dengan Alexis Sanchez, tapi tembakannya ditepis oleh Sergio Rico.

Hingga selesainya babak pertama, kedua tim sama-sama tak bisa mencetak gol. Skor dan agregat tetap 0-0.

Berawal dari tusukan Lukaku di sayap kanan, MU punya peluang bagus pada menit ke-52. Lingard yang menerima operan dari Lukaku membalikkan badan dan melepaskan tembakan, tapi percobaannya ditepis oleh Sergio Rico.

Tak kunjung mencetak gol, MU mencoba mengubah keadaan dengan menarik keluar Fellaini. Tim tuan rumah memasukkan Paul Pogba.

Kesempatan untuk mencetak gol lewat tendangan bebas gagal dimanfaatkan oleh Rashford pada menit ke-67. Tembakannya melambung di atas gawang Sevilla.

Memasuki menit ke-72, Pogba menjajal peruntungannya melalui tembakan dari luar kotak penalti. Tapi, percobaan Pogba masih melenceng.

Ketika masuknya Pogba tak memberi banyak pengaruh untuk MU, Ben Yedder yang menjadi pemain pengganti di kubu Sevilla punya efek luar biasa. Striker asal Prancis itu membawa tim tamu memimpin 1-0 pada menit ke-74.

Menerima umpan jitu Banega dari tengah lapangan, Pablo Sarabia yang menguasai bola mengirimkan umpan terobosan kepada Ben Yedder. Meski dibayang-bayangi Eric Bailly, Ben Yedder masih bisa melepaskan tembakan keras ke pojok bawah gawang.

Melihat timnya tertinggal, Jose Mourinho langsung bereaksi. Dia memasukkan Juan Mata dan Anthony Martial untuk menambah daya gedor.

Alih-alih menyamakan skor, MU malah kebobolan lagi di menit ke-78. Ben Yedder kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah sundulannya tak bisa diantisipasi dengan baik oleh De Gea. Bola yang ditepis De Gea tetap mengarah ke dalam gawang. Meski De Gea kemudian berhasil membuang bola, si kulit bundar telah melewati garis. Sevilla memimpin 2-0.

Sevilla nyaris unggul tiga gol di menit ke-82. Clement Lenglet menyundul bola sepak pojok dari Banega, tapi arahnya masih melenceng tipis.

Dalam situasi terjepit, MU tak punya pilihan selain menyerang Sevilla habis-habisan. Mereka berhasil menipiskan ketertinggalan menjadi 1-2 lewat gol Lukaku pada menit ke-84. Barisan belakang Sevilla gagal mengamankan bola sepak pojok dari Rashford, yang memberi kesempatan kepada Lukaku untuk menyambarnya dari jarak dekat.

Ben Yedder nyaris melengkapi hat-trick-nya di injury time. Dia lolos sendirian dan tinggal menghadapi De Gea. Tapi, penyelesaiannya buruk dan mentah di kaki kiper MU itu. (dtc)

  • Bagikan