Peduli Sampah, Pemkot Magelang dan Berbagai Elemen Bersihkan Kali Manggis

  • Bagikan

MAGELANG, RAKYATJATENG – Persoalan sampah masih menjadi permasalahan serius yang dihadapi oleh berbagai daerah, termasuk Kota Magelang. Berbagai upaya pun dilakukan untuk membentuk perilaku masyarakat yang berwawasan lingkungan, salah satunya melalui kegiatan pembersihan sampah Kali Manggis sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ikhlas Kota Magelang, bertajuk “Njegur Kali Ngresiki Sampah”.

Kegiatan yang melibatkan berbagai pihak dari elemen pemerintah, swasta, dan masyarakat ini dilaksanakan bersamaan dengan momentum peringatan Hari Peduli Sampah, yang jatuh pada 21 Februari lalu.

“Momentum ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan aksi perubahan serta gerakan bersama pembersihan sampah. Kita menyadari sepenuhnya bahwa sampah masih menjadi persoalan serius,” ujar Asisten II Setda Kota Magelang, Joko Budiono, di sela pembukaan kegiatan pembersihan sampah, Selasa (13/3).

Menurut Joko, pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu, dari hulu ke hilir, agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat. Selain itu, juga aman bagi lingkungan, serta dapat mendukung terbentuknya perilaku masyarakat yang berwawasan lingkungan.

“Upaya ini merupakan wujud rasa peduli dan kerinduan akan adanya sungai yang bersih pada khususnya, dan lingkungan Kota Magelang pada umumnya,” imbuh Joko.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Machbub Yani Arfian menambahkan, kegiatan bersih sampah di Kali Manggis ini sekaligus merupakan aktualisasi langkah kerja bersama dalam agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS).

“Agenda TBBS berlangsung mulai tanggal 21 Januari hingga 21 April 2018. Agenda ini menjadi jalan pemenuhan tujuan pembangunan pengelolaan sampah sebagaimana target yang telah ditetapkan dalam peraturan presiden nomor 97 tahun 2017, yakni pada tahun 2025 terdapat pengurangan sampah sebesar 30%, serta penanganan sampah sebesar 70%,” ungkap Machbub.

Selain bersih sampah di sungai, terdapat beberapa kegiatan lain yang masuk dalam agenda TBBS, diantaranya sosialisasi kebijakan dan program pengelolaan sampah, gerakan kebersihan, hingga fasilitasi kegiatan bersama masyarakat dalam upaya gotong royong bersih sampah maupun dalam pengembangan inovasi tata kelola dan tekhnologi pengelolaan sampah.

“Pelaksanaan kegiatan TBBS ini turut berpengaruh pada penilaian Adipura tahap II (P2) Kota Magelang yang akan berakhir pada bulan Maret. Jika TBBS dinilai positif, maka penilaian Adipura juga akan terdongkrak. Sebaliknya, jika TBBS dinilai negatif, penilaian Adipura juga akan ikut jelek,” urai Machbub.

Untuk diketahui, pelaksanaan bersih sampah di Kali Manggis hari ini diikuti oleh sejumlah instansi. Antara lain Dinas Lingkungan Hidup, TNI, Polri, komunitas relawan, Satpol PP. (zis)

  • Bagikan