Inilah Tanda-tanda Anak Cerdas

Maret 10, 2018

RAKYATJATENG – Kalau melihat anak lain begitu cerdas saya sering berbicara di dalam hati, “Seandainya anakku juga cerdas seperti anak itu,”. Bunda juga pernah melakukan hal sama kayak saya?Kadang secara nggak sadar kita sering membandingkan anak dan merasa anak ‘kurang’ ya, Bun. Eh tapi tahu nggak, Bun, setiap anak itu istimewa lho. Kita nggak usah membandingkan anak kita dengan anak lain ya karena akan bijak banget kalau orang tua mendidik dan mengasuh anak-anak sesuai dengan kemampuan dan minatnya.Karena, cara tersebut diyakini bisa membantu orang tua membesarkan anak yang cerdas secara mental maupun emosional. Nah, kalau ngomongin anak cerdas, sebenarnya kayak apa sih tanda-tandanya?Ada berbagai parameter yang bisa digunakan untuk mengukur kecerdasan anak-anak, Bun. Dan parameter kecerdasan nggak selalu berhubungan dengan pendidikan. Bunda bisa mengamati beberapa tanda ini yang dihubungkan dengan anak-anak yang dianggap memiliki kemampuan di atas rata-rata seperti dilansir Standarmedia berikut ini:

  1. Anak Gemar Membaca

Anak-anak yang punya kemampuan di atas rata-rata biasanya lebih cepat dalam belajar membaca dan menulis. Dan begitu anak bisa melakukannya, anak jadi suka membaca sehingga semakin banyak pengetahuan yang mereka dapat, Bun.

  1. Punya Daya Ingat Kuat

Anak cerdas biasanya memiliki ingatan yang baik. Ia tidak mudah melupakan apa yang mereka pelajari. Bahkan mereka bisa tetap mengingat apa yang mereka lihat meski sudah beberapa waktu lalu. Mereka mampu mengingat sebanyak mungkin informasi dan ini membuat mereka cukup cerdas.

  1. Punya Hobi

Kemampuan si kecil yang di atas rata-rata biasanya membuat dia cenderung nggak hanya tertarik pada hal-hal akademis, tetapi juga berminat pada hobi manapun yang mereka sukai atau menarik buatnya. Ketika anak punya hobi yuk fasilitasi mereka, Bun, supaya mereka belajar dan membantu perkembangan otaknya.

  1. Perasaannya Lebih Sensitif

Anak yang cerdas sering menunjukkan emosi yang lebih cepat daripada anak lain. Mereka cenderung sensitif, Bun. Jadi jangan kesal dulu kalau menghadapi anak-anak yang sedikit-sedikit emosi ya, he-he-he.

Komentar