KPU Kota Magelang Lantik PPK dan PPS Untuk Pemilu 2019

  • Bagikan

MAGELANG, RAKYATJATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, melantik 9 orang Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan 51 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2019 mendatang. PPK dan PPS tersebut juga merupakan panitia untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah tahun 2018 ini.

“Untuk Pilgub, kita sudah melantik PPK dan PPS. Kemudian karena pelaksanaan beriringan, maka kewajiban kami juga melantik PPK dan PPS untuk Pemilu 2019,” jelas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, Basmar Perianto Amran, usai penetapan dan pelantikan di Gedung Wanita, Kamis (8/3).

Basmar menambahkan, sesuai regulasi yang ada, jumlah PPK untuk Pilgub/Pilkada dan Pemilu berbeda. Yakni lima orang untuk Pilgub dan tiga orang untuk Pemilu. Atas dasar tersebut, KPU kemudian menetapkan dan melantik tiga dari lima PPK Pilgub untuk menjadi PPK Pemilu 2019.

“Ada sedikit kesulitan yang kami hadapi ketika harus memilih dari lima PPK yang sudah ada untuk Pilgub menjadi tiga untuk Pemilu 2019. Karena kelima PPK Pilgub adalah pilihan kami dan betul-betul bisa memback up tugas kami. Dengan banyak pertimbangan, kami akhirnya bisa menetapan tiga diantaranya sebagai anggota PPK Pemilu 2019,” ungkap Basmar.

Adapun untuk PPS, ditetapkan dan dilantik dari anggota PPS Pilgub yang sudah ada.

“Selanjutnya, kami akan terus melakukan evaluasi terhadap tugas dari PPK dan PPS yang telah ditetapkan ini. Karena tugas dari yang dilantik hari ini nantinya ada dua yaitu Pilkada 2018 dan Pemilu 2019,” kata Basmar.

Dengan penetapan dan pelantikan tersebut, Basmar juga mengharapkan agar para petugas bisa segera melaksanakan tugas mereka dalam mewujudkan kedaulatan rakyat.

“Laksanakan tahapan-tahapan pemilu dengan baik, optimal, dan semaksimal mungkin,” terangnya.

Sementara itu, Staf Ahli Walikota Magelang, Joko Wahidin mengajak agar seluruh penyelenggara pemilu bisa bekerjasama menjaga kondusifitas di tahun politik.

“Selain itu, angka partisipasi masyarakat juga diharapkan bisa meningkat signifikan baik kuantitas maupun kualitasnya. Karena ini adalah cerminan sebagai masyarakat dan warga negara yang baik,” katanya.

Beberapa pesan yang disampaikan oleh Joko kepada PPK dan PPS antara lain laksanakan tugas dengan profesional, disiplin, dan tanggung jawab. Koordinasi dengan instansi terkait dari awal hingga akhir proses pemilu sehingga berjalan sukses dan lancar.

“Patuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya. (zis)

  • Bagikan