Datsun Cross Dilengkapi 3 Fitur Canggih

JAKARTA, RAKYATJATENG – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memamerkan produk barunya, yakni Datsun Cross. Kendaraan ini, diyakini memiliki teknologi hebat.

President Director NMI Eiichi Koito mengatakan, Datsun Cross memiliki tiga fitur unggulan. Tiga fitur tersebut The Xtronic CVT, Vehicle Dynamic Control (VDC), dan Cross-over-nya yang penuh gaya.

“Struktur Xtronic CVT ini diberikan gear box tambahan dengan memperlihatkan ratio coverage sebesar 7,3:1. Hal ini merupakan kelas atas di dunia pengembangan transmisi otomatis,” katanya, di Bridgestone, Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/3).

Ia menjelaskan, Xtronic CVT memberikan tiga manfaat utama. Yaitu kehalusan berkendara, bahan bakar yang lebih efisien, dan akselerasi yang responsif. “Transmisi ‘step-less’ ini memungkinkan peralihan gigi yang mulus dalam kemacetan lalu lintas. Rasio giginya yang lebar bermanfaat ketika berkendara di jalanan di Indonesia sehingga dapat menghemat bahan bakar. Hal ini karena rasio yang lebar tersebut mampu bekerja pada rpm mesin yang paling efisien,” bebernya.

Sementara pada fitur keselamatan, Datsun Cross dilengkapi dengan sistem VDC. Fitur ini memberikan kelincahan suspensi untuk membantu pengendara mengendalikan kendaraannya.”Terdiri dari Traction Control System (TCS), Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake-Limited Slip Differential (B-LSD), VDC ini akan menjadikan berkendara menjadi lebih aman,” terangnya.

Dengan fitur tersebut, VDC membantu meningkatkan stabilitas dengan melakukan pengereman pada kedua roda bagian luar saat mobil dalam keadaan over-steering. Ketika under-steering, VDC membantu meningkatkan kestabilan dengan mengerem bagian dalam roda belakang. “Datsun CROSS memiliki ground clearance setingkat segmen SUV dengan tinggi 200 mm, dan ban berukuran 15″,” terangnya.

Diungkapkan, ground clearance yang tinggi akan membuat pengemudi mampu dengan mudah melewati rintangan yang umumnya ada di perkotaan dan pinggiran kota. Memiliki body cladding yang kokoh dan skid plates di bawah bodi, berfungsi untuk melindungi mobil ini dari kerusakan yang disebabkan oleh lumpur atau kerikil.

“Suspensi disesuaikan untuk memberikan respons yang tinggi. Shock absorber yang dipasang di kedua sisi memberikan respons dalam menjaga kestabilan gerak kendaraan. Penyetelan suspensi depan dan belakang yang seimbang menciptakan gerakan linear, yang membuat penumpang merasa nyaman bahkan ketika mobil melaju di jalan bergelombang,” tutupnya. (JPC)