Jelang Pendaratan, Pesawat Angkut Militer Rusia Jatuh di Suriah, 32 Orang Tewas

Maret 7, 2018

MOSKOW, RAKYATJATENG – Pesawat angkut Antonov-26 milik militer Rusia jatuh di Suriah. Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menuturkan, sedikitnya 32 orang tewas akibat kecelakaan tersebut.
“Pesawat angkut Antonov-26 mengalami kecelakaan sekira pukul 15.00 waktu Moskow jelang pendaratan di pangkalan udara Hmeymim. Menurut data awal, ada 26 orang penumpang dan enam kru pesawat. Tidak ada yang selamat,” bunyi pernyataan resmi Kemhan Rusia, dinukil dari TASS, Selasa (6/3).
Pihak Kementerian Pertahanan Rusia memastikan akan menyelidiki kecelakaan tersebut. Namun, berdasarkan data awal yang diperoleh, kecelakaan diduga diakibatkan oleh kegagalan teknis. Meski demikian, Kemhan Rusia tetap membentuk komite khusus guna menyelidiki kecelakaan secara menyeluruh.
“Menurut informasi awal, masalah teknis diduga menjadi penyebab kecelakaan. Pesawat jatuh ke tanah dalam jarak hanya 500 meter (m) dari landasan pacu,” imbuh pernyataan Kementerian Pertahanan.
“Menurut informasi lain dari lokasi kecelakaan, tidak ditemukan adanya tanda-tanda tembakan yang diarahkan ke pesawat,” tutup pernyataan tersebut.
Sebagaimana diketahui, Rusia merupakan salah satu negara pendukung pemerintah Suriah di bawah rezim Bashar al Assad. Armada perang Rusia mendukung sekutunya itu dalam menggempur posisi teroris lewat udara. Tidak jarang, pesawat-pesawat Negeri Beruang Merah menjadi sasaran tembak pasukan pemberontak atau teroris. (oz)

Komentar