Inilah Tips agar Rambut Berwarna Tetap Indah dan Sehat

  • Bagikan

TREN mewarnai rambut memang sedang meledak beberapa waktu terakhir, baik di kalangan pria maupun wanita. Tapi, banyak orang yang masih mengeluhkan kondisi rambut mereka pasca diwarnai, ada yang merasa rambut mereka menjadi kering, rapuh, dan bercabang. Ketika Anda melakukan proses pewarnaan rambut, tentu saja ada protein, atau kandungan dari rambut yang akan ikut luntur ketika proses pewarnaan, apalagi ketika Anda melakukan bleaching.

Maka dari itu, proses perawatan pasca pewarnaan rambut sangatlah penting, hal ini diperkuat dengan adanya tips dari Indra Tanudarma yang tak lain merupakan Director of Education dan Senior Artistic Manager L’Oreal Indonesia.

“Ya, perawatan pasca pewarnaan itu pasti ada, karena rambut yang sudah diwarnai itu akan lebih mudah rapuh. Jadi penggunaan serum, dan masker rambut itu penting untuk menguatkan rambut,” ujarnya saat diwawancarai di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Selain penggunaan serum dan masker, perlakuan pada rambut setelah diwarnai juga merupakan hal penting. Misalnya, ketika Anda mewarnai rambut dengan warna pastel, sangat disarankan untuk tidak mencuci rambut setiap hari, karena warna pastel dihasilkan dengan mencampurkan warna yang lebih sedikit sehingga menghasilkan warna yang soft, dan hal tersebut akan mempengaruhi ketahanan warna tersebut pada rambut. Jadi, untuk menjaga warna tersebut, lebih baik  melakukan keramas 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Akan lebih bagus lagi jika Anda menggunakan shampoo khusus untuk rambut yang diwarnai.

Kemudian, perawatan yang harus Anda lakukan yaitu, jangan langsung mengeringkan rambut yang baru dikeramas dengan alat blow. Anda harus membiarkan rambut sampai benar-benar kering, baru diblow dry, karena ketika melakukan blow disaat rambut masih basah atau setengah kering, hal itu akan membuat rambut menjadi lebih rapuh.

Penggunaan catok juga salah satu hal yang harus diperhatikan. Rambut yang diwarnai boleh saja dicatok, asalkan dengan suhu yang tidak terlalu panas, maksimal 150 derajat Celcius. Ketika Anda menggunakan catokan dengan suhu 180 derajat ke atas pada rambut yang diwarnai, catokan tersebut tidak boleh didiamkan pada rambut, karena hal tersebut akan menyebabkan warna rambut menjadi pudar. (oz)

  • Bagikan