Inilah 6 Tanda Sudah Saatnya Anda Cari Kerja di Tempat Baru

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Perkembangan karier seseorang dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah kedisiplinan bekerja. Malas bekerja menjadi hal yang wajar karena Anda tidak sendirian. Banyak karyawan lain merasakan hal yang sama. Namun, hal ini tidak lagi wajar jika rasa malas terus-menerus melekat dalam diri Anda.

Siapa pun itu tidak akan mau jika kariernya terhambat hanya karena rasa malas. Lakukan koreksi dan ketahui penyebab utama rasa malas tersebut. Bisa jadi resign dari tempat kerja saat ini menjadi jalan keluar terbaik untuk mengatasi rasa malas.

Namun, perhatikan tanda-tanda berikut ini. Jika mendapatinya, itu berarti sudah saatnya cari kerja di tempat baru.

Berita RekomendasiJadikan Hal Ini Sebagai Kebiasaan untuk Belanja Lebih HematBekerja Sambil Kuliah? Ini 6 Pekerjaan yang Cocok

1. Rutinitas yang Monoton

Berapa lama Anda bekerja di perusahaan saat ini? Jika jangka waktunya sudah lebih dari 10 tahun dan rutinitas kerja tetap sama, itu berarti karier Anda akan monoton jika tetap bekerja di perusahaan yang sama. Mulailah untuk mencari pekerjaan pengganti yang tepat yang jabatannya setara atau bahkan lebih tinggi dibandingkan perusahaan lama.

Jika Anda sudah mendapatkan tempat yang pas dan merasa diterima bekerja di sana, segera ajukan resign dari perusahaan lama. Sebab Anda punya hak untuk berkembang, tidak melulu harus stuck di posisi yang sama.

2. Bos yang Kurang Bersahabat

Rasa sungkan sering kali muncul saat hendak berbicara dengan bos. Namun, tingkat jabatan bukan menjadi penghalang utama untuk menjalin komunikasi yang baik dengan bos. Harusnya bos dan anak buah tetap akrab agar terjadi kesinambungan saat bekerja.

Apabila bos Anda kurang bersahabat, terlalu cuek, atau bahkan tidak pernah mengajak mengobrol, ini menjadi sebuah sinyal kalau karier Anda sulit berkembang. Sesekali hal ini dapat dimaklumi, tapi tidak dimaklumi jika terjadi berulang kali.

Bagaimana pun juga bos harus memperlakukan Anda dengan baik. Lagi pula apa sulitnya saling sapa di pagi hari? Tindakan ini juga sama sekali tidak menyita banyak waktu.

3. Beban Kerja Terlalu Berat

Tugas kantor yang menumpuk tentu membuat Anda jenuh. Jangankan mengerjakan tugas tersebut, datang ke kantor saja pun rasanya malas akibat beban kerja yang tidak pernah berkesudahan. Manusia bukanlah mesin yang dapat bekerja nonstop dari siang sampai malam. Manusia butuh istirahat untuk mengembalikan tenaga yang terkuras akibat bekerja.

Apabila beban kerja di kantor terlalu berat sampai Anda sakit-sakitan, segera ajukan resign. Hidup ini bukan melulu hanya tentang pekerjaan, tapi juga tentang kebahagiaan. Kalau Anda tidak bahagia saat bekerja, lebih baik berhenti saja.

4. Lingkungan Kerja Tidak Kondusif

Bekerja dengan orang-orang yang rajin, supel, cekatan, dan teliti tentu menjadi dambaan setiap pekerja. Namun, apa daya jika yang terjadi sebaliknya. Jika rekan kerja cuek, tidak mau tahu, dan pelit berbagi informasi, tempat kerja pun terasa seperti neraka yang membakar.

Lingkungan kerja yang tidak kondusif membuat para pekerja cepat bosan. Padahal kondusifitas sangat dibutuhkan untuk menaikkan jenjang karir. Apabila tempat kerja Anda saat ini tidak sesuai dengan kriteria kondusif, sebaiknya cari pekerjaan lain yang dapat membuat karir Anda cepat berkembang.

5. Merasa Kurang Dihargai

Prestasi kerja harus diapresiasi, baik oleh atasan maupun rekan kerja yang lain. Apabila pekerjaan Anda membuahkan hasil, tapi tidak dihargai, Anda pasti jadi malas bekerja karena jerih payah selama ini sama sekali tidak dihargai.

Penghargaan tersebut tidak harus berupa insentif yang besar. Cukup dengan ucapan terima kasih, Anda pasti sudah merasa sangat senang. Apalagi kalau sampai bos mengumumkan prestasi kerja kepada rekan kerja, rasa senang yang muncul pun bertubi-tubi.

6. Bosan

Bekerja tidak semudah yang dibayangkan. Tantangan kerja akan terus datang menghampiri. Apabila Anda tidak menemukan adanya tantangan saat bekerja, kapan diri Anda akan maju? Kalau level tantangannya tetap sama, Anda juga pasti merasa bosan. Kalau rasa bosan sudah merasuki jiwa, dapat dipastikan karier Anda akan sulit berkembang karena hal ini sangat berpengaruh pada produktivitas saat bekerja.

Bekerja Lebih Produktif Demi Perkembangan Karier

Produktivitas dapat mempercepat pertumbuhan karier seseorang. Jika Anda merasa kurang produktif saat bekerja, segera cari tahu penyebabnya. Apabila penyebabnya berasal dari kantor tempat Anda bekerja, bisa jadi itu pertanda bosan.

Jangan biarkan hal ini terjadi berkepanjangan. Jika jalan satu-satunya dengan resign, lakukan secepat mungkin untuk mengembalikan tingkat produktivitas demi perkembangan karir Anda di masa depan. (oz)

  • Bagikan