Baznas Kendal Target Rp3,8 M Tahun Ini

  • Bagikan

RAKYATJATENG, KENDAL – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar tasyakuran sederhana di lokasi kantor yang baru, eks Bagian Administrasi Keuangan di sebelah timur Rumah Dinas Bupati Kendal pada Jumat (2/3). Selain dihadiri pimpinan dan pelaksana Baznas Kabupaten Kendal, tasyakuran dihadiri juga Wakil Bupati Drs Masrur Masykur, Sekda Moh Toha ST MSi, Kepala Diskominfo Drs Muryono SH MPd, Kabag Administrasi Kesra Setda Muchrozi SH,MH dan Kabag Umum Setda Wahyu Yusuf Ahmadi SSTP MM.

Ketua Baznas Kabupaten Kendal KH Moch Ubaidi SPdI menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kendal atas dukungannya kepada Baznas yang sudah memfasilitasi untuk menempati lokasi sekarang. “Meski sebelumnya harus berpindah-pindah dimulai dari gedung yang sekarang dijadikan Media Center atau UP4, eks Bappeda, eks Gedung Darma Wanita, kini menjadi lebih luas dan banyak ruang. Lokasi saat ini memungkinkan ada ruang Ketua Baznas, ruang para Wakil Ketua Baznas, ruang rapat, ruang pelaksana dan sekretariat, gudang, dan lain-lain, sehingga pelayanan kepada umat akan bisa lebih maksimal,” harapnya.

Sekda Moh Toha menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan Baznas yang sering berpindah kantor. “Saya berharap dengan kantor yang baru ini pelayanan kepada para muzaki akan lebih maksimal. Begitu juga pengumpulan zakat dan infaq karena sampai dengan saat ini belum semua PNS berzakat di Baznas. Kalau menyatakan berzakat di Lembaga Amil zakat (LAZ) lain harus menuliskan LAZ mana. Bersama Pak Wabup, saya siap terjun langsung ke OPD-OPD seperti beberapa hari ini ke Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan yang memiliki jumlah pegawai banyak.

“Saya berharap target pengumpulan tahun ini sebesar Rp3,8 milyar akan tercapai, sehingga ada peningkatan dari target tahun lalu 1,8 milyar. Dengan demikian Baznas melalui program-programnya seperti program Kendal Cerdas, Kendal Sehat, Kendal Makmur, Kendal Taqwa, dan Kendal Peduli benar-benar dapat bersinergi dengan Pemkab Kendal untuk mengentaskan kemiskinan,” paparnya.

Wakil Bupati Masrur sangat mengapresiasi kinerja Baznas Kendal yang dalam waktu dua tahun sudah banyak berbuat. “Sebagai Ketua Tim Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), pada saat rakor TKPKD kemarin saya tegaskan perlunya Sekretariat TKPKD yang menjadi pusat koordinasi kegiatan penanggulangan kemiskinan dan menjadi pusat data kemiskinan, bersebelahan dengan Kantor Baznas agar kemitraan elemen-elemen penanggulangan kemiskinan semakin kuat dan terintegrasi dalam gerakan”.

Untuk memaksimalkan pencapaian target, Kabag Administrasi Kesra Muchrozi SH MH menyampaikan dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat koordinasi dengan semua OPD terkait pembentukan Unit Pengumpul Zakat dan evaluasi pengumpulan zakat dan infaq oleh UPZ yang sudah terbentuk. “Agar tercapai kesepahaman mengenai gerakan zakat, perlu ada pertemuan khusus antara Bupati dengan Kepala dan Sekretaris OPD. Karena sebenarnya pemerintah memiliki kewenangan untuk mengumpulkan zakat,” tegasnya. (hms-yon)

  • Bagikan