Silakan Cek, Inilah 7 Tanda Jantung Anda Sehat dan Bebas Penyakit

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh, karenanya kita harus memastikan agar dia selalu sehat agar bisa menjalankan fungsinya dengan sempurna. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan salah satu cara mencintai organ jantung.

Seperti kita tahu, ada banyak sekali factor yang menjadi penyebab masalah pada organ jantung. Ketika jantung kita mengalami masalah, maka otomatis akan muncul gejala-gejala yang bisa kita kenali, seperti : sesak nafas, nyeri dada, tubuh kelelahan dan lainnya. Tips dan Cara Mencegah Tumbuhnya Uban di Usia Muda

Jika jantung bermasalah saja bisa dikenali gejalanya, maka saat jantung Anda sehat, pastilah Anda juga bisa mengenali tanda-tandanya. Ingin tahu bagaimana tanda-tanda jantung Anda sehat dan bebas penyakit? Simak langsung penjelasannya berikut ini :

  1. Tidak mengalami sesak nafas atau nyeri dada

Salah satu tanda bahwa jantung Anda sehat adalah tidak pernah mengalami sesak nafas atau nyeri dada. Sebaliknya, ketika Anda mengalami gejala tersebut, ada kemungkinan Anda sedang mengalami gangguan jantung.

  1. Tubuh berenergi dan tidak mudah lelah

Tanda lainnya yang bisa dikenali adalah tubuh lebih berenergi dan tidak mudah kelelahan hanya karena melakukan aktivitas sederhana.

  1. Mengalami 72 denyut per menit

Jantung sehat dan normal akan berdenyut sebanyak 72 per menit atau 70-80 denyut per menitnya.

  1. Susah nafas atau mudah tersengal-sengal

Nafas gampang tersengal-sengal juga patut diwaspadai sebagai tanda lemahnya organ jantung. Maka itu, ketika nafasmu lancar dan tak tersengal-sengal, maka hal itu menunjukkan jika jantung Anda sehat dan normal.

  1. Pemeriksaan medis normal

Jantung sehat juga bisa dibuktikan dengan hasil pemeriksaan jantung yang normal, dari mulai kolesterol, laporan ECG hingga tekanan darah. Jika smeuanya normal, maka tandanya jantung Anda sehat.

  1. Berat badan normal

Tanda lain yang membuat Anda tidak perlu khawatir akan adanya masalah jantung adalah berat badan. Ketika berat badan Anda normal, maka bisa dikatakan jika jantung Anda juga sehat.

  1. Tidak ada rasa nyeri atau tidak nyaman di sekitar dada

Tanda terakhir yang bisa dikenali bahwa jantung Anda sehat adalah tidak adanya rasa sakit atau tidak nyaman saat melakukan aktivitas fisik.

Jika semua tanda yang disebutkan diatas ada pada diri Anda, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi. Tinggal melanjutkan kembali pola hidup sehat agar jantung Anda selalu sehat selamanya. (intipslagi)

  • Bagikan