Rhoma Irama Akui Tak Mudah Mendidik Anak di Zaman Now

RAKYATJATENG, JAKARTA – Zaman sekarang diakui Rhoma Irama memang tak mudah untuk mendidik anak. Miris dengan pergaulan anak zaman sekarang, anak kandungnya, Ridho Rhoma justru terseret narkoba.

“Berbagai macam pengaruh bisa masuk ke kamar kita tanpa kita tahu, zaman dulu kan anak-anak keluar rumah habis Magrib nggak boleh karena kemungkaran banyak di luar rumah,” kata Rhoma Irama ditemui di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Kamis (1/3).

Rhoma Irama menilai, semua pengaruh negatif pada anak-anak zaman sekarang karena termonopoli dari luar dan gadget. Membentengi dan memiliki kesadaran untuk diri sendiri, sangat diperlukan anak-anak zaman sekarang agar tidak terkontaminasi dengan hal negatif.

“Kalau kita nggak punya filter yang kuat memang apapun bisa terjadi di zaman global seperti ini,” ungkapnya.

“Sekarang kemungkaran di tangan kita sendiri, karena gadget itu luar biasa manfaatnya tapi luar biasa juga pengaruh negatifnya. Nggak mudahlah mendidik anak sekarang tuh sangat-sangat tidak mudah,” aku pria yang dijuluki si Raja Dangdut itu.

Melihat nasib Elvy Sukaesih yang anak dan mantunya ditangkap karena narkoba, membuat Rhoma Irama prihatin. Rhoma mengenal Dhawiya dan anak-anak Elvy lainnya adalah anak yang baik.

“Kenal, ya insya Allah anak baik-baik lah anak Elvy tuh saya kenal semua baik-baik,” ucapnya.

Kondisi yang kini dialami Elvy Sukaesih tak jauh berbeda dengan yang dirasakannya saat Ridho Rhoma terciduk karena narkoba. Sebagai orang tua dengan usia yang sudah tua sangat tidak mungkin bisa mengawasi anak-anaknya secara langsung selama 24 jam.

Di situlah Rhoma Irama merasakan kesulitannya mendidik anak. Motivasi, nasihat dan komunikasi ternyata belum bisa membuat anak-anak begitu saja nurut.

“Ya kita kan orang tua sebatas memotivasi menasihati memantu lain kalau anak kita masih orok 24 jam gua lihatin, ini udah pada kakek kan susah, makanya doa, doa, dan doa. Telepon komunikasi ya sebatas itu tugas kita sebagai orang tua,” ingatnya.

“Harus ekstra hati-hati kita juga, nggak anak, orang tua segala macam kita lihat. Iya harus saya awasi, pokoknya dia harus hijrah total semua kita nih harus hijrah bukan cuma Ridho, kalau nggak hijrah masya Allah,” pungkas Roma Irama. (dtc)