Profil Heru Winarko, Kepala BNN Baru Pilihan Jokowi

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Irjen Pol Heru Winarko telah resmi ditunjuk sebagai sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Pol Budi Waseso yang bakal pensiun.

Mantan Kapolda Lampung kelahiran Jakarta, 1 Desember 1962, yang saat ini telah menginjak usia 55 tahun itu merupakan perwira tinggi Polri berpangkat Jendral bintang 2 alias Inspektur Jendral (Irjen).

Dari data yang dikumpulkan JawaPos.com, sosok Heru sendiri memiliki track record mentereng sebagai anggota Polri. Ia beberapa kali menempati posisi penting di struktur korps baju cokelat itu.

Heru lulus dari Akademi Militer (Akpol) tahun 1985. Sejak awal karirnya Heru memiliki prestasi yang terus menanjak. Termasuk berhasil menduduki jabatan sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Kemudian pada awal tahun 2009, ia dimutasi untuk menempati jabatan Penyu Tk II Dit II/Eksus Bareskrim Polri. Masih di tahun yang sama, Heru kemudian dipromosikan menjadi Wakil Direktur II/Eksus Bareskrim Polri.

Satu tahun berselang Heru kembali dimutasi, kali ini ia diminta mengemban tugas sebagai Wakil Direktur III Tipikor Bareskrim Polri. Heru terbilang cukup lama saat mengemban tugas ini.

Namun di tahun 2012 Heru juga dipercaya menjadi Kapolda Lampung. Hingga tahun 2015 ia dimutasi untuk menduduki jabatan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menkopolhukam. Dan terakhir ia menjabat Deputi Penindakan KPK hingga saat ini.

Banyaknya pengalaman di bidang Reserse kriminal tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan Presiden Joko Widodo dalam menunjuk dirinya untuk mengisi posisi Kepala BNN yang baru.

Heru juga diketahui telah banyak menerima sejumlah penghargaan dan tanda jasa, di antaranya, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Dwidja Sistha, Satya Lencana Karya Bhakti, Satya Lencana Ksatria Tamtama dan Bintang Bhayangkara Nararya.

Heru sendiri direncanakan akan dilantik menggantikan Buwas pada Kamis (1/3) Pagi. Upacara pelantikan akan dilangsungkan di Istana Negara sekitar pukul 09:00 WIB. (JPC)

  • Bagikan