KPU Purbalingga Sosialisasi Pilgub di Bazaar Duku

  • Bagikan

RAKYATJATENG, PURBALINGGA – Ada yang berbeda saat bazaar duku yang akan digelar di halaman Balai Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (3/3). Apa itu? Yaitu, adanya sosialisasi Pilkada 2018 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga.

Untuk lebih menarik minat masyarakat, kegiatan yang diselenggarakan oleh Kelompok Petani Duku “Tunas Harapan” Desa Kalikajar, KPU Purbalingga dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kaligondang itu akan disuguhkan gelaran live music.

“Ini momen yang bagus untuk sosialisasi Pilgub Jateng. Kebetulan sekarang sedang panen raya duku Kalikajar, dan bertepatan menjelang pelaksanaan Pilgub Jateng.Sehingga kami manfaatkan momen ini sebaik-baiknya,” tutur Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Purbalingga, Sukhedi,M.Ag, Kamis (1/3).

Saat ini  tahapan Pilgub Jateng 2018 sudah sampai pada tahap kampanye yang akan berlangsung hingga 23 Juni. KPU Purbalingga pun telah menyelesaikan tahapan coklit (pencocokan dan penelitian) daftar pemilih.

“Hasil coklit sementara terdapat 652.708 pemilih. Itu masih proses menuju penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ujar Sukhedi yang juga didampingi Divisi SDM dan Parmas PPK Kaligondang, Drs.Prasetyo.

Terkait proses coklit yang telah dilakukan, Sukhedi berpesan kepada warga yang telah  memenuhi syarat sebagai pemilih untuk memastikan dirinya telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan diumumkan 13 – 19 April mendatang.

“Kami mengingatkan, jika ada warga yang belum terdaftar atau belujm dicoklit, agar menghubungi ketua RT setempat atau PPS (Panitia Pemungutan Suara) di desa setempat,” imbau Sukhedi.

Sukhedi berharap masyarakat dapat menjadi pemilih yang cerdas. Yakni pemilih yang menentukan pilihanya karena kesadaran dan pertimbangan sendiri, bukan karena iming-iming uang.

Untuk diketahui, selama ini  Desa Kalikajar dikenal sebagai penghasil buah duku. Ciri khas buah duku asli Kalikajar yang dibrongsong dengan rimpen (tirai terbuat dari bambu) memiliki rasa yang sangat manis, kulitnya tipis, daging buahnya tebal dan warnanya bening. Bijinya kecil bahkan nyaris tidak ada, serta beraroma harum. (sm/yon)

  • Bagikan