Pasar Jaten, Wahana Wisata Baru dengan Spot Selfie untuk Daya Tarik Pengunjung

RAKYATJATENG, SEMARANG– Sekarang, Kota Semarang telah memiliki wahana wisata baru. Komunitas Peduli Budaya Kampung Jawi Kalialang, Gunungpati menggelar Wiwitan Pasar Jaten, di hutan jati yang asri. Gelaran itu, dibuka langsung oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Hendi – sapaan akrab Hendrar Prihadi – memang tengah mengembangkan Kota Semarang dengan kampung tematik. Sebelumnya, Kota Semarang sukses dengan kampung pelangi, kampung batik, kampung seni, kini muncul lagi Pasar Jaten. Pasar Jaten berada di Kampung Jawi yang juga salah satu kampung tematik di Sukorejo Gunungpati Kota Semarang.

Pasar Jaten disebut jaten karena pasar ini berada di bawah pohon-pohon jati di wilayah Gunungpati. Selain itu di Kampung Jawi juga telah mempunyai spot Selfie yang merupakan inisiatif mahasiswa KKN UIN berserta warga sebagai daya tarik tersendiri.

Walikota Hendrar Prihadi sangat mengapresiasi komitmen warga untuk lebih bisa mengembangakan potensi di wilayah ini. Selain itu Walikota juga meyambut positif terjunnya mahasiswa UIN yang ikut serta memberikan sumbangsih gagasan dan terobosan baru dalam membangun wilayah Sukorejo dan khusunya kampung Jawi.

“Yang bisa mengubah lingkungan kita, ya kita sendiri. Disini warga bisa menjual aneka makanan, kerajinan, bahkan menarik pengunjung melalui gardu pandang yang digunakan sebagai spot selfie yang instagramable, ” tambah Walikota dua periode ini.

Untuk ke depannya walikota berharap ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi daerah lain di Semarang dan diharapkan ada pengawasan dan pendampingan yang lebih dari Dinas Pariwisata melalui Pokdawis sehingga pasar Jaten mempunyai peluang lebih dikenal di tingkat nasional atau lebih. (hms/yon)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono