Inilah Solusi Ganjar Atasi Banjir di Jalur Pantura

  • Bagikan

RAKYATJATENG, SEMARANG – Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat sejumlah tempat yang tergenang banjir di jalur pantura Kota Semarang, Selasa (27/2). Ganjar pun memberikan solusi untuk mengatasinya.

Menurutnya, penanganan banjir dan rob yang terjadi di jalur pantura, Kota Semarang, perlu dilakukan berbagai pihak secara bersama agar hasilnya bisa optimal

Dikatakan Ganjar, penanganan banjir dan rob di kawasan Kaligawe dan Genuk ini harus dilakukan bersama-sama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kota/kabupaten, termasuk juga Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional serta Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana. “Lima unit pompa air dioperasikan guna menyedot banjir di kawasan Kaligawe dan Genuk,” katanya saat mengunjungi Mapolsek Genuk yang sebagian bangunannya terendam banjir.

Ganjar yang berpasangan dengan Calon Wagub Taj Yasin Maimoen pada Pilkada Jateng mendatang ini mengatakan bahwa banjir dan rob di Kawasan Kaligawe telah mengganggu laju perekonomian karena merupakan jalur utama yang menghubungkan sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Ganjar mengaku telah menerima banyak aduan terkait banjir di Kaligawe. “Saya sudah ngomong ke Kementerian PUPR dan direspon cepat dengan mengirim lima pompa berkapasitas besar sebagai solusi jangka pendek,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Saat ini satu pompa penyedot air sudah beroperasi dan yang empat lainnya sedang dalam proses pemasangan. Hari iji, katanya, semua pompa sudah bisa beroperasi untuk mengurangu genangan air.

Pompa air yang dipasang tersebut diketahui berkapasitas 160 liter per detik dan 250 liter per detik.

Rencananya, pompa air tersebut akan dipasang di hilir Sungai Sringin, Sungai Babon, Terminal Terboyo, dan sekitar Mapolsek Genuk.

Ganjar juga memberikan solusi jangka menengah untuk penanganan banjir di jalur pantura Kota Semarang, yaitu dengan difungsikan dua kolam retensi dan optimalisasi tanggul sepanjang dua kilometer. (sen/yon)

  • Bagikan