Ganjar Ingin Kembangkan Transporasi Massal di Sejumlah Daerah

  • Bagikan

RAKYATJATENG, DEMAK – Setelah mengandalkan kartu tani pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2014 lalu, kali ini calon gubernur Jateng yang juga incumbent Ganjar Pranowo mengandalkan program lainnya. Salah satunya adalah pengembangan transportasi massal di sejumlah daerah. Transportasi massal ini, sebagai upaya mengurangi kemacetan sekaligus mempermudah masyarakat dalam mengakses angkutan umum.

“Kita evaluasi dulu, kalau ya akan dikembangkan di koridor lain atau kabupaten lain karena ternyata masyarakat butuh transportasi murah, mudah, dan nyaman. Pengembangan transportasi menjadi salah satu program yang menjadi prioritas,” kata Ganjar saat berkunjung ke garasi Perusahaan Otobus Nusantara di Karanganyar, Kabupaten Demak, Senin (26/2).

Menurutnya, bus menjadi ujung tombak dalam program transportasi massal selain kereta api. Pada periode pertama menjabat Gubernur Jateng, Ganjar sudah meluncurkan BRT TransJateng yang merupakan program bus aglomerasi antarkota/kabupaten yang menyasar buruh dan pelajar. Saat ini BRT TransJateng baru diluncurkan satu koridor yakni Stasiun Tawang-Terminal Bawen.

Didampingi istri, Siti Atikoh Supriyanti, Ganjar berkeliling garasi PO Nusantara yang juga berfungsi sebagai pabrik karoseri tersebut. Sejumlah pekerja terlihat bekerja menyelesaikan proyek pesanan bus TransJakarta sebanyak 100 unit.

“Ternyata bus-bus yang diproduksi di sini pesanan dari Jakarta, ada 100 unit bus TransJakarta yang dibuat di sini. Kita harus bangga, Jateng tetap dipercaya dalam industri karoseri,” ujar Cagub yang berpasangan dengan Calon Wagub Taj Yasin Maimoen ini. (dbs/yon)

  • Bagikan