De Rossi Ingin Kembali ke Timnas Italia Lagi

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Kans kembalinya Gianluigi Buffon ke timnas Italia rupanya memotivasi Daniele De Rossi. Gelandang AS Roma itu mengatakan bahwa dirinya bersedia memenuhi panggilan Gli Azzurri apabila pelatih baru nanti masih membutuhkannya.

Sebagaimana diketahui, bersama Giorgio Chiellini, Buffon dan De Rossi adalah beberapa pemain yang menyatakan pensiun dari Italia pasca gagal di playoff Piala Dunia 2018 kontra Swedia akhir tahun lalu. Menurut dia, pelatih Italia yang baru nanti pasti akan membawa spirit yang juga baru.

”Saya selalu melihat timnas Italia seperti keluarga dan bukan seolah-olah saya menutup pintu kemudian saya membuang kuncinya,” kata De Rossi seperti dilansir Football Italia. ”Jika, siapa tahu, pelatih baru nanti menghubungi saya dan berpikir bahwa saya dapat membantu, lalu apa? Tentu saja, saya masih 34 tahun dan tidak ada yang bisa saya lakukan untuk itu kecuali memenuhinya,” lanjut gelandang yang sudah membela tim senior Il Lupi sejak 2001 itu.

Pernyataan De Rossi bisa dipahami. Sebab, dia juga memiliki kenangan manis bersama Italia saat kampiun Piala Dunia 2006. Kala itu, meski masih 22 tahun, dia disertakan pelatih Marcelo Lippi ke Jerman dan menjadi pemain termuda Italia.

Hanya saja, dia belum mendapatkan gelar prestisius di level klub, beberapa diantaranya adalah scudetto dan Liga Champions. Sejauh ini, baru dua trofi Coppa Italia (2006-2007 dan 2007-2008) plus Supercoppa Italiana 2007 yang dipersembahkan De Rossi bagi Giallorossi.

”Ada dua pertandingan yang ingin saya ulang. Pertama adalah giornata ke-35 Serie A musim 2009-2010 kontra Sampdoria. Sebelum laga, kami unggul dua poin dari Inter Milan. Namun karena kalah 1-2, maka capolista diambil alih mereka yang bertahan hingga giornata pemungkas,” kata De Rossi. ”Sedangkan laga kedua adalah final EURO 2012. Kala itu saya menyesal karena cedera (dan akhirnya kalah 0-4 dari Spanyol, Red). Memang, meski saya tidak cedera belum ada jaminan kami menang namun setidaknya saya bisa membantu rekan setim berjuang,” paparnya. (rdt/jpg)

  • Bagikan