5 Alasan Mengapa Anda Beser Setiap Malam

  • Bagikan

FAJAR HEALTH – Anda kerap terbangun setiap malam untuk buang air kecil yang tak tertahankan, namun bukan hanya satu malam, Anda melakukannya dua atau tiga malam sebelum akhirnya tertidur kembali?

Menurut urolog dari Cleveland Clinic Daniel Shokes M.D., terbangun akiibat kencing tak tertahankan di malam hari bisa menjadi pertanda sesuatu yang serius.

Nocturnia, istilah medisnya, adalah sebuah kondisi di mana penderitanya selalu terbangun setiap malam hanya untuk buang air kecil air kecil. Dan masalah kesehatan ini dapat dipicu oleh banyak faktor.

Apa saja itu, berikut penyebab nocturnia yang Anda alami seperti diambil dari MensHealth.com:

1. Anda terlalu banyak minum sebelum tidur

Agar terhindar dari nocturnia, hindari konsumsi air atau minuman lain beberapa jam sebelum tidur, kata Dr. Shokes. Cara ini dapat membantu Anda terbangun di malam harinya

2. Anda kebanyakan minum kafein dan alkohol

Konsumsi kafein dapat mebuat Anda lebih sering buang air kecil, terlebih ketika dikonsumsi berdekatan menjelang waktu tidur. Sementara alkohol sendiri dapat meningkatkan produksi urine ketika dikonsumsi. Inilah yang menyebabkan penumpukan urine yang tak tertahankan.

3. Anda mengkonsumsi obat darah tinggi

Diuretik yang terdapat di dalam obat-obatan darah tinggi, mengandung akan diuretik. Hindari konsumsi obat darah tinggi di malam hari.

4. Kurangi konsumsi makanan asin

Menurut sebuah studi tahun 2017, dengan mengurangi konsumsi garam daro 10,7 gram menjadi 8 gram sehari dapat mengurangi kebiasaan kencing malam hari Anda.

5. Atasi kebiasaan Anda mendengkur

Mendengkur berlebih adalah salah satu ciri dari apnea tidur, sebuah kondisi di mana penderitanya berhenti bernapas untuk sesaat selain juga memiliki kebiasaan bangun malam untuk buang air kecil. Konsultasikan dengan dokter untuk masalah ini.

(ruf/fajar)

  • Bagikan