Kelamaan di Toilet, Organ Usus Pria Ini Copot

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Seorang pria harus dilarikan ke rumah sakit di tengah malam setelah melihat rektumnya telah jatuh dari tubuhnya.

Pemuda yang namanya belum diungkap itu, mengatakan kepada dokter bahwa dia telah menggunakan ponselnya saat berada di toilet selama lebih dari setengah jam saat mencoba untuk buang air kecil.

Ketika diperiksa, dokter menemukan benjolan besar berukuran 16 cm yang mencuat dari anusnya.

Pria tersebut terpaksa menjalani operasi gastro-intestinal di The Sixth Affiliated Hospital of Sun Yat-sen University di Zhongshan, Cina tenggara, pada hari Minggu yang lalu, untuk menyelamatkannya.

Untuk diketahui, rektum adalah organ terakhir dari usus besar pada manusia dan beberapa jenis mamalia yang berakhir di anus. Organ ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara feses atau kotoran.

Dr Su Dan mengatakan kepada media lokal bahwa pria tersebut didiagnosis menderita prolaps rektum, yang terjadi ketika bagian usus terakhir kehilangan keterikatannya di dalam tubuh dan keluar dari tubuh. Dia menambahkan bahwa situasi pasien jauh lebih parah dari biasanya.

Menurut Su, ini sebenarnya penyakit lama. Hanya saja, dibiarkan. “Pasien mengalami prolaps dubur sejak berusia empat tahun, tonjolan itu bisa ditarik kembali. Tapi dia tidak merawat kondisinya dan situasinya memburuk,” jelasnya.

Dokter mengatakan ada bekas luka memar dan darah di sepanjang dinding usus pasien. Menurut Dr Su, prolaps rektum biasanya terjadi pada anak-anak atau orang tua. Meski di usia muda, Dr Su menambahkan bahwa penyebab prolaps adalah durasi lama yang dihabiskan di toilet dimana melemahkan otot di panggul.

Dr Lv, dari departemen gastrointestinal, mengatakan kepada MailOnline bahwa kadang-kadang tekanan bawaan pada wanita, apakah duduk atau berjongkok di toilet, memaksa rektum tetap menonjol saat otot pelvis tidak cukup kuat untuk menahannya. Mereka menyarankan agar siapapun dalam situasi yang sama ditangani sesegera mungkin. (Metro/amr/fajar)

  • Bagikan