Pegiat Wisata Kota Semarang Dukung Keberadaan Sentra Kuliner Ikan Manyung

  • Bagikan

RAKYATJATENG, SEMARANG – Komunitas Pegiat Wisata Kota Semarang mendukung ide Walikota Semarang Hendrar Prihadi untuk merubah kawasan Bandarhajo menjadi sentra kuliner dengan menu utama mangut kepala ikan manyung. Kebijakan ini dipastikan akan semakin dapat menambah daya kunjung wisatawan ke Semarang.

Demikian hal tersebut disampaikan Koordinator Pegiat Wisata Kota Semarang, Gus Wahid kepada Rakyatjateng.fajar.co.id di Semarang, Senin (15/1).

“Sentra kuliner ikan manyung dapat menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik. Terlebih, mangut kepala ikan manyung ini hanya dapat ditemui di Semarang. Semakin akan memperkaya khasanah kuliner, tentunya juga akan memiliki multiflyer effect dimana masyarakat sekitar dapat terberdayakan,” katanya.

Selain dapat menambah destinasi wisata di Kota Semarang, kata dia, dibukanya sentra kuliner Ikan Manyung ini dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Warga sekitar dapat ikut memanfaatkannya untuk menambah pendapatan keluarga. Secara sosial ekomonis, taraf hidup warga tentunya diharapkan juga akan meningkat,” terangnya.

Lebih dari itu, Pemerintah Kota Semarang juga harus mampu merubah kawasan kumuh termasuk pola pengolahan manyung, cara memasak hingga lokasi, menjadi lebih baik.

“Jangan sampai ide luar biasa Walikota Semarang ini menjadi blunder karena justru wisatawan mendapati sentra pengolahan ikan manyung yang kotor, kumuh dan tidak higienis,” ungkapnya.

Karenanya ada baiknya, lanjut dia, sebelum ide sentra kuliner terwujud, warga perajin dan pengolah ikan mangut, sudah harus mendapat sosialisasi dan pelatihan bagaimana mengolah bahan makanan ini menjadi sehat, higienis dan layak jual ke wisatawan.

“Tak bisa dipungkiri, Semarang membutuhkan semakin banyak destinasi wisata baik obyek, atraksi seni budaya hingga sentra kuliner untuk dapat terus menarik minat wisawatan berkunjung ke kota kita tercinta ini,” imbuhnya. (Sen)

  • Bagikan