Biji Labu Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tahukah Anda? Biji labu merupakan salah satu makanan yang digunakan untuk tambahan diet dan pengobatan di Amerika.

Biji labu berwarna hijau gelap, beberapa jenis terbungkus dalam sekam kuning-putih, lunak, bertekstur kenyal, halus dan memiliki rasa pedas.

Seperti melon, semangka, dan mentimun, biji dari labu ini termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae.

Berikut ini beberapa manfaat biji labu untuk kesehatan, seperti dilansir laman The Thirty Byrdie.

1. Relief anxiety
Minyak biji labu merupakan sumber vitamin E, magnesium, seng dan mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 ditambah sterol tumbuhan.

Minyak biji labu bisa menjadi minyak nabati alternatif yang baik untuk digunakan dalam makanan Anda.

2. Membantu tidur
Tryptophan juga dianggap efektif dalam mengurangi efek insomnia, baik untuk mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan meningkatkan jumlah waktu Anda tidur.

3. Kaya akan anti-oksidan dan anti inflamasi
Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa minyak biji labu bahkan bisa meringankan efek diabetes, berkat kandungan antioksidannya yang tinggi.

4. Meningkatkan kesehatan jantung
Kesehatan jantung sangat penting untuk menjalani gaya hidup yang panjang dan aktif, itulah sebabnya mengapa kita selalu mencoba makanan sebanyak mungkin makanan sehat.

5. Mencegah kerusakan rambut
Menurut sebuah studi tahun 2014, minyak biji labu bisa memperbaiki kerontokan rambut.

Pria yang menderita alopecia (nama medis untuk rambut rontok) secara acak diberi minyak biji labu atau plasebo. (Fajar/jpnn)