Berselisih dengan Pengusaha, 22 Miliar Dolar Aset Kazakhstan Dibekukan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Pekan ini, menjelang sebuah tuntutan hukum yang diajukan oleh seorang pengusaha Moldovan, Bank of New York Mellon membekukan aset senilai 22 miliar dolar AS milik Kazakhstan.

Dana tersebut merupakan milik Dana Nasional Kazakhstan, yang terdiri dari pendapatan minyak negara tersebut.

Pengusaha Moldovan, Anatolie Stati, diketahui telah terlibat dalam sebuah perselisihan hukum dengan Kazakhstan selama bertahun-tahun.

Stati memiliki investasi di industri minyak dan gas Kazakhstan dan mengklaim bahwa pemerintah memaksanya menjual asetnya dengan harga murah. Kazakhstan membantah tuduhan tersebut.

Oktober ini, Kazakhstan mengajukan tuntutan hukum terhadap perusahaan Stati di Pengadilan Distrik Amerika Serikat di Washington, DC setelah sebuah keputusan arbitrase sekitar 500 juta dolar AS Stati Partners dimenangkan di sebuah pengadilan arbitrase internasional.

Obligasi dolar Kazakhstan memperpanjang kerugian pada hari Kamis, turun sebanyak seperempat persen di tikungan setelah penurunan tajam pada Rabu malam. Mata uang negara itu tenge telah menguat terhadap dolar.

Negara Asia Tengah memiliki ekonomi terbesar ke-55 di dunia dengan produk domestik bruto senilai 137 miliar dolar. (mel/rmol)

  • Bagikan