Kencing Anda Belepotan? Ini Dia Penyebabnya

FAJAR HEALTH – Kencing yang lurus adalah salah satu tanda sehat. Namun aliran air seni yang menyebar atau belepotan saat urinasi bukanlah kabar baik untuk Anda, baik bagi pria maupun wanita.

Kondisi tersebut, menurut ahli, dapat disebabkan oleh sesuatu yang mengganjal di bawah sana.

“Air kencing yang menyebar dapat terjadi ketika pembukaan urethra lengket satu sama lain dan terkadang ini dapat kembali normal dengan sendirinya,” kata Dr Sovrin Shah dari Mount Sinai Hospital di New York, AS, seperti dikutip dari DailyMail.co.uk.

Hal ini biasanya terjadi akibat cairan yang keluar pasca ejakulasi dan terjadi pada hampir setiap pria. Urine yang kencang saat kencing dapat membantu masalah yang satu ini.

Kalau pada wanita, kondisi ini biasanya disebabkan oleh lemahnya otot disekitar urethra dan menyebabkan penyumbatan itu.

Namun di luar itu, ada masalah yang lebih serius yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Benda asing seperti batu ginjal dan batu lainnya yang keluar melalui urine dapat bertanggungjawab atas kondisi tersebut. Selama bisa keluar, Anda seharusnya aman-aman saja.

Akan tetapi, jika hal ini berlangsung berulang-ulang, maka buatlah janji dengan dokter. Menurut Dr. Shah, kondisi ini disebabkan oleh urethral stricture dan dapat disembuhkan dokter melalui prosedur non-invasif. (ruf/fajar)