Wapres JK: Jepang Mitra Penting Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menilai Jepang sebagai mitra kerja sama yang sangat strategis bagi Indonesia di berbagai bidang.

Hal itu dikemukakan Wapres JK saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-84 Kaisar Jepang, Akihito di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Sebelum memberikan apresiasi terhadap hubungan bilateral kedua negara, Wapres JK dalam sambutannya terlebih dulu menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-84 kepada Kaisar Jepang, YM Akihito.

“Atas nama Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, saya ingin mengucapkan selamat atas perayaan Hari Ulang Tahun ke delapan puluh empat Kaisar Jepang, Kaisar Akihito. Untuk itu, Pemerintah dan rakyat Indonesia mendoakan kesehatan dan kesejahteraan bagi Yang Mulia Kaisar Akihito,” ucapnya.

Selanjutnya Wapres JK memaparkan, bagi Indonesia, Jepang merupakan mitra kerjasama yang sangat penting sejak beberapa waktu lalu hingga saat ini.

“Sebaliknya, bagi Jepang, saya yakin Indonesia juga merupakan mitra kerja sama yang sangat penting. Kemitraan kedua negara semakin erat dengan diselenggarakannya Forum Kerjasama Strategis Bidang Maritim yang ditandatangani tahun 2016,” tegasnya.

Ia menjelaskan, bahwa kerjasama strategis tersebut bertujuan untuk memperkuat dan mempercepat kerja sama maritim di bidang keamanan dan keselamatan maritim, pembangunan ekonomi termasuk infrastruktur dan konektivitas maritim, pelatihan dan pendidikan serta bidang lain yang strategis bagi kedua negara.

“Jepang juga membantu pembangunan di Indonesia, di antaranya bantuan proyek pembangunan pelabuhan baru (pengembangan sentra perikanan dan kelautan), MRT, pertanian, sosial budaya dan pengembangan sarana pendidikan,” tegasnya.

Hadir mendampingi Wapres di acara ini, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar; Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi, Azyumardi Azra; Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi. (KIP-Setwapres)

 

  • Bagikan