Gila! Ibu Negara Habiskan Rp. 35 Miliar Setahun Hanya untuk Belanja

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, ZIMBABWE – Zimbabwe boleh masuk daftar negara termiskin di dunia. Namun, itu tak menghentikan sang ibu negara, Grace Marufu, hidup dalam kemewahan.

Istri Presiden Robert Mugabe itu terkenal gila belanja barang-barang mewah. Saking gilanya, dia mendapat julukan Gucci Grace.

Wanita berusia 52 tahun dengan label, First Lady of Shopping, itu memang suka yang bling-bling. Kecintaannya terhadap berlian sudah jadi rahasia umum. Dengan mudah dia akan menghabiskan jutaan dolar untuk membeli cincin berlian segede gajah yang gemerlap.

Padahal, dia tinggal di negara yang tujuh dari 10 penduduknya hidup dalam kemiskinan. Tetapi, Gucci Grace tak peduli. Dia pernah habiskan Rp 2,1 miliar untuk sekali belanja di Paris, Prancis.

First Lady of Zimbabwe itu dengan mudah menghabiskan Rp 53,5 miliar untuk pernikahan putrinya. Dia juga memiliki rumah mewah di seluruh dunia dan baru-baru ini membayar Rp 5,35 miliar untuk sebuah Rolls-Royce.

Tak hanya dia, ketiga anaknya pun ketularan. Mereka suka barang-barang mewah. Via akun Snapchat-nya, anak bungsu pasangan Mugabe, Chatunga, pernah memposting sebuah video yang menunjukkan dia minum Armand de Brignac Champagne seharga Rp 3,6 miliar per botolnya.

Video itu juga menunjukkan jam tangan mewahnya yang berbanderol Rp 800 juta. Keterangan videonya tidak banyak. ”Ini terjadi ketika ayah kamu menguasai seluruh negeri.”

Grace, mantan penjual ayam, mulai dekat dengan Mugabe saat menjadi salah seorang juru ketiknya. Saat itu, istri pertama Mugabe, Sally, sedang sakit parah.

Pernikahan pasangan itu pada tahun 1996 dijuluki Wedding of the Century di Zimbabwe. Resepsi yang boros. Menghambur-hamburkan uang pun terus dilakukan sepanjang pernikahan itu.

Pada tahun 2014, pengeluaran Grace untuk barang mewah mencapai Rp 35,6 miliar per tahun. Daftar belanja tahun itu termasuk 12 cincin berlian, 62 pasang sepatu Ferragamo, 33 pasang sepatu dari Gucci, dan jam tangan Rolex.

”Saya memiliki kaki yang sangat sempit, jadi saya hanya bisa memakai Ferragamo,” jawabnya ketika ditanyakan mengapa dia memilih sepatu mewah bermerek itu.

Gucci Grace tak hanya tajir, dia juga berpengaruh. Mugabe disebut-sebut mempersiapkan sang istri tercinta untuk jadi presiden jika dirinya tutup usia nanti.

Rumor ini yang membuat militer Zimbabwe gusar. Rabu (15/11) lalu, mereka akhirnya melancarkan kudeta dan menjadikan Mugabe tahanan rumah. (Fajar/Daily Mail/JPC)

 

  • Bagikan