Teh Termahal di Dunia Ini Dihargai 130 Juta Sekali Saji

  • Bagikan

FAJAR HEALTH – Tahukah Anda bahwa minuman teh bukanlah sembarang minuman? Di negeri China, ada sebuah teh bernama bernama Da Hong Pao dan jenis teh ini pernah terjual dengan harga fantastis, $28,000 atau sekitar Rp 369 juta oleh seseorang diduga kolektor minuman tradisional.

Teh Da Hong Pao yang asli hanya terdapat di Wuyishan, bahkan diketahui 30 kali lebih mahal dari harga emas, sekitar $1,400 atau sekitar Rp 18 juta per gramnya, atau $10,0000 atau sekitar Rp 130 juta per sajian dalam satu pot teh.

“Teh Da Hong Pao terlihat lebih cocok untuk pengemis, namun memiliki hati Buddha dengan harganya untuk seorang raja,” kata seorang peracik teh di Wuyishan yang terletak di tepi sungai Fujian, selatan China, seperti dikutip dari BBC.

Xioa dan keluarganya merupakan peracik teh dari generasi ke generasi. Tiap musim semi, mereka menghabiskan waktu dengan mendaki gunung untuk membeli daun teh segar dari seseorang yang mereka sebut Dewa Teh bernama Lu Yu.

Sudah lebih dari seribu tahun lamanya, Wuyishan yang memiliki lanskap karst yang indah itu terkenal atas cita rasa tehnya yang khas. Air hujan yang mengalir melalui ngarai kapur dan puncak karst dan alirasn air terjun, kaya akan mineral yang mempengaruhi rasa dari teh tersebut.

Saking hormatnya terhadap tradisi meminum teh, pada perayaan gong fu cha atau berarti teh kung fu, setiap penjual teh di tepi sungai Wuyishan itu mempersiapkan festival minum teh bagi para penikmat teh dikawasan tersebut, lengkap dengan macam bermacam daun teh pilihan.(ruf/fajar)

  • Bagikan