Waspadai Aksi Nakal Oknum Kasir Mini Market, Simak Tips Berikut

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Diskon atau potongan harga adalah salah satu trik dalam dunia usaha untuk menarik pembeli, salah satu yang juga diterapkan di mini market.

Sesekali Anda mungkin memperhatikan diskon ini, entah untuk mendongkrak penjualan atau memang akan ada pergantian stock barang yang baru.

Namun banyak tidak disadari oleh pembeli adalah ketika hendak membayar, ternyata, oleh kasir potongan harga tersebut tidak dimasukan dalam struk pembayaran, sehingga si pembeli harus membayar penuh produk yang sebenarnya sedang didiskon.

Fakta dilapangan ini pernah saya temui dalam beberapa kesempatan. Sebut saja produk soft drink yang didiskon dari harga Rp. 15 ribu menjadi Rp. 10 ribu per botolnya, oleh si kasir “nakal” biasanya akan di-charge dengan harga normal. Kasir yang jujur pastinya akan memberitahukan perihal diskon ini atau secara ototmatis memberikan potongan tanpa diminta atau ditanya.

Ada pula jenis kecurangan lainnya yang pernah saya temukan oleh oknum kasir nakal adalah dengan menambahkan beberapa item dalam struk belanjaan anda yang sebenarnya tidak pernah Anda masukan dalam kantung belanjaan Anda.

Jenis kecurangan macam ini biasanya dilakukan ketika pembeli berbelanja dalam jumlah yang banyak, karena ada kemungkinan si pembeli tidak akan terlalu memperhatikan detail struk belanja dari item yang telah dibayarkan. Bayangkan seberapa banyak item yang bisa dimanipulasi dari konsumen yang berbelanja selama shiftnya?

Untuk menghindari hal ini terjadi pada Anda, ketelitian adalah kuncinya. Tips yang pertama adalah dengan membiasakan diri sebelum melakukan pembayaran, tanyakan kepada kasir perihal potongan harga, dengan begitu, mau tidak mau, kasir pasti akan menyebut nominal potongan yang didapatkan oleh pembeli, karena mungkin takut pembeli sadar akan adanya potongan harga tersebut.

Tips yang kedua dan terakhir adalah setelah anda menerima struk dari kasir, jangan terburu-buru keluar dari mini market. Periksa kembali jenis dan jumlah belanjaan yang ada bayar, pastikan tidak ada manipulasi angka atau jumlah item dalam struk belanjaan anda. Jika ada yang ganjil, segera lakukan klaim kepada kasir yang bersangkutan.(ruf/fajar)

  • Bagikan