Tak Cuma Keren, iPhone X Dilengkapi Teknologi Mutakhir

FAJAR.CO.ID – Apple secara resmi telah memperkenalkan serial iPhone terbarunya yang dinamai iPhone X (baca: iPhone Ten) dalam Apple Special Event, Selasa (12/9/2017).

Banyak lompatan besar yang dilakukan Apple terhadap produk andalannya yang diperkenalkan di Steve Jobs Theater, California itu.

Perusahaan yang berbasis di Silicon Valley, Cupertino, California memilih kode X di belakang ‘iPhone’ sebagai penanda bahwa ponsel pintar itu sudah berumur sepuluh tahun sejak kali pertama dirilis pada 2007.

“Teknologi iPhone X akan menjadi penanda untuk masa depan,’’ ujar Tim Cook yang kini memimpin Apple.

Berikut paparan keunggulan iPhone X!

1. Layar Oled

Rumor bahwa Apple akan menggunakan teknologi Oled untuk layarnya sudah berhembus sejak perusahaan itu memperkenalkan iPhone 7 pada 2016. Namun, baru sekarang diwujudkan untuk mendukung kualitas tampilan Super Retina Display. Resolusinya, 2436×1125 yang membentang di layar berukuran 5,8 inch.

Dengan resolusi setinggi itu, didukung kedalaman pixel 458 ppi, Senior Vice President Apple Philip W. Schiller menyebut iPhone X sebagai iPhone dengan kualitas warna terbaik. “Akurasi warna terbaik,” ujarnya.

2. User Interface

Desain iPhone X yang layarnya hampir memenuhi fisik ponsel membuat Apple menghilangkan tombol home. Tidak adanya tombol bulat di tengah bagian bawah itu membuat pengguna harus membiasakan diri untuk menjelajah ponsel dengan cara baru

Untuk kembali ke menu utama, pengguna perlu menggeserkan jari dari layar paling bawah ke atas. Sedangkan untuk multitasking dengan cara menggeserkan jari dari layar paling bawah dan tahan di tengah layar.

Tidak adanya tombol home membuat Apple memperkenalkan teknologi tap screen untuk menggunakan ponsel pintar itu. Sedangkan untuk menggunakan fitur Siri bisa memanfaatkan tombol power di sisi kanan.

3. TrueDepth Camera

Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Phillip Schiller dalam presentasinya memberikan waktu yang sangat banyak untuk membahas teknologi ini. Sebab, kamera depan iPhone akan melakukan lebih banyak hal, terutama untuk membuka ponsel karena Apple memilih untuk mengganti Touch ID dengan Face ID.

“Face ID lebih aman karena 1:1 juta orang yang memiliki kontur wajah sama untuk membuka iPhone X. Bandingkan dengan Touch ID yang 1:50 ribu orang,’’ terangnya.

Apple menjanjikan iPhone bisa dibuka dalam tempo cepat dengan cara mengarahkan ke wajah pemiliknya sekalipun saat berada di kegelapan. Apple sudah membuat teknologi sedemikian rupa yang membuat kamera tidak akan gagal membuka ponsel meski sang pemilik berganti gaya rambut, sampai memakai topi.

Yang menarik lagi, teknlogi TrueDepth Camera memungkinkan pengguna untuk selfie menggunakan mode portrait. Bagi pemilik iPhone 7 plus, akan paham jika mode itu bisa menghasilkan foto bokeh.

4. Animoji

Apple tahu bahwa pola mengirim pesan saat ini sudah berganti. Pesan tidak hanya berisi teks, tetapi juga emoji.

Nah, Apple mengenalkan Animoji untuk membuat emoji yang dikirim lebih menyenangkan. Teknologi True Depth Camera memungkinkan pengguna membuat sticker emoji sendiri.

Makin lucu karena sticker berbentuk kepala hewan itu mulutnya bisa mengikuti apa yang dibicarakan pengguna. Pengguna iMessage bisa saling bertukar Animoji bahkan dengan suara yang diisikan pada sticker animasi itu.

5. Kamera Utama

Apple tampaknya tahu betul pembeli selalu suka dengan kualitas jepretan ponsel yang bagus. Oleh sebab itu, Phillip menegaskan iPhone X memiliki kualitas yang luar biasa jauh melampaui produk sebelumnya.

Meski memiliki resolusi 12 mp, banyak teknologi yang dibenamkan. Misalnya soal dual Optical Image Stabilization (OIS) yang membuat fotografi kurang cahaya menjadi lebih baik. Apple masih mempertahankan pola dua kamera dengan masing-masing memiliki kemampuan 12 mp.

Sama seperti sebelumnya, satu kamera berfungsi wide angle, dan satunya sebagai mode tele dengan optical zoom 2x. Bedanya dengan iPhone seri 7, bentuk dual kamera itu tidak lagi horizontal tapi vertikal. Supaya hasil foto lebih bagus, Apple membenamkan quad LED true tone flash.

Sisanya, iPhone X memiliki kesamaan dengan iPhone 8 dan 8 Plus yang dikenalkan dalam waktu bersamaan. Seperti proses A11 Bionic yang dijanjikan punya kemampuan lebih baik dari versi 7 sebesar 25 persen. Lantas, finishing ponsel dengan teknologi kaca.

iPhone X juga memiliki kemampuan augmented reality yang menjadi salah satu tema besar Apple untuk lini smartphone. Lantas, iPhone X juga mendukung teknologi wireless charging.

Bagaimana, berminat untuk meminang ponsel terbaik Apple itu? (dim/JPC)