Kurangi Resiko Pikun dengan Menggunakan Minyak Goreng Jenis Ini

  • Bagikan

FAJAR HEALTH – Demensia atau pikun dua jenis penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya memori dan masalah fungsi pada otak. Akan tetapi, kondisi ini ternyata bukan tanpa solusi.

Jika pada studi lampau yang dirilis pada jurnal Circulation tentang manfaat diet Mediterranean terhadap kesehatan jantung, studi terbaru yang dilakukan oleh Temple University di Philadelphia, Amerika Serikat, menemukan manfaatnya dalam melindungi otak.

Para peneliti Amerika ini mengungkapkan manfaat extra virgin olive oil dalam mengamati gejala yang ditunjukan Alzheimer, salah satu jenis dari demensia.

Mereka meyakini bahwa penggunaan extra virgin olive oil dapat mengurangi terbentuknya plak beracun yang menumpuk di dalam otak, mengurangi inflamasi pada otak dan mengaktifkan proses pembuangan sel.

“Kesimpulannya, temuan kami menunjukan efek menguntungkan apa yang dapat ditawarkan dari mengkonsumsi extra virgin olive oil terhadap Alzheimer,” kata Dr. Domenico Pratico,” seperti dikutip dari MensHealthMag.com.

“(Dan) bahwa extra virgin olive olive oil itu masih lebih baik dari buah dan sayur-mayur dan lemak sayur tak jenuh tunggal juga masih lebih menyehatkan dari lemak jenuh hewani,” tambah Pratico.

Karenanya, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari extra virgin olive oil untuk mengatasi masalah jantung, pilihlah extra virgin olive oil dengan tingkat keasaman yang paling rendah, lebih tepatnya perhatikan kandungan oleic acidity pada label yang tertera.

Semakin rendah kadar ini, maka akan semakin baik kualitas dan rasanya. Pastikan kadarnya tidak lebih dari 0,8 persen, jika merujuk pada data dari International Olive Oil Council.(ruf/fajar)

  • Bagikan